Diberdayakan oleh Blogger.

Lima Kebiasaan Kecil yang Kita Lakukan Dapat Mengubah Bumi Menjadi Lebih Baik

by - April 21, 2020


Percayakan selalu ada hikmah disetiap musibah. Iya, ditengah kekhawatiran dunia dengan wabah virus corona, ada kabar baik tentang kondisi bumi saat ini. Para ahli telah mengkonfirmasi bahwa terjadi pemulihan lapisan ozon pelindung Bumi. Dalam sebuah situs yang gue baca, para ilmuwan juga mengatakan bumi menjadi lebih tenang selama orang-orang menjalani masa karantina mandiri saat lockdown pada masa pandemi virus corona (COVID-19) ini. Selain itu juga kurangnya berbagai aktivitas manusia menurunkan ambien kebisingan seismik (getaran di kerak bumi) sebesar 30 persen. 

Dengan menurunnya suara kebisingan seismik maka alat pendeteksi bisa mengenali adanya gempa bumi yang paling kecil sekalipun dan meningkatkan upaya memonitor aktivitas vulkanis dan kejadian-kejadian seismik lain. COVID-19, menurut pakar cuaca Dr Marshall Shepherd, juga membuat suara dengan gelombang infrasonik (suara yang tak bisa didengar manusia) juga berkurang. Jadi mungkin musibah Corona ini adalah cara Bumi ingin beristirahat dan mengurangi sedikit populasi manusia yang menghuninya.

Bumi suudah semakin tua yakan, layaknya orang tua yang harus dirawat agar tetap sehat. Banyak hal kecil yang bisa dilakukan untuk menjaga Bumi kita tetap baik-baik saja. Kita bisa melakukan kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari yang tanpa disadari dapat memberi dampak baik untuk bumi dan lingkungan sekitar. Nah, apa saja sih kebiasaan kecil tersebut? Nih ada lima kebiasaan sederhana yang kalau kita lakukan bersama-sama dan konsisten akan memperbaiki keadaan bumi agar lebih baik.


1. Bawa Tas Belanja Sendiri


Kebiasaan kecil pertama yang ternyata berdampak baik untuk bumi adalah selalu membawa tas belanja sendiri ketika berbelanja di mana pun. Kebiasaan ini dapat mengurangi efek global warming karena secara tidak langsung mengurangi sampah plastik.

Sudah pada tahu dong, sampah plastik sulit terurai dan membutuhkan waktu 10 sampai 20 tahun agar bisa terurai secara alami. Sampah plastik biasanya dari kantung plastik yang kita gunakan untuk menyimpan belanjaan. Nah dari itu, saat belanja di supermaket atau ke pasar mulai sekarang biasakan menolak untuk menggunakan kantung plastik dan simpan belanjaan di kantung belanjaan sendiri ya.

2. Ganti Tisu dengan Sapu Tangan Kain


Ada sebuah artikel yang pernah gue baca tentang penggunaan tisu yang berlebihan bisa menyebabkan efek global terhadap lingkungan yang masif. Alasannya, produksi tisu diawali dengan penebangan hutan yang bertujuan untuk memproduksi pulp (bubur kertas). Akibat dari penebangan tersebut, hutan menjadi gundul, terjadi erosi dan pelepasan gas karbon yang berdampak pada konsentrasi CO2 di atmosfer dan meningkatnya suhu bumi.

Dari penjelasan tersebut, kita bisa mengetahui bahwa penggunaan tisu secara berlebihan memiliki dampak serius. Maka dari itu mulai sekarang ganti ya tisu dengan serbet kain yang bisa dipakai berkali-kali.

3. Jangan Sisakan Makanan


Selalu menghabiskan makanan merupakan kebiasaan kecil untuk mengurangi limbah makanan yang semakin banyak. Limbah makanan dapat membuat air dan udara menjadi tercemar. Kenapa? Karena limbah makanan atau sisa makanan menimbulkan emisi nitrogen yang mendorong terjadinya pencemaran.

Kalau loe sering makan di restoran atau rumah makan, pesanlah makanan secukupnya jadi nggak perlu ada makanan yang sisa. Kalau ternyata porsi makanan yang loe pesan masih kurang, masih bisa tambah lagi kan? Lebih baik pesan sedikit dulu atau pesan secara bertahap daripada memesan dalam jumlah banyak sekaligus tetapi pada akhirnya tidak dihabiskan.

4. Matikan AC Kalau Sudah Nggak Dipakai


AC atau pendingin ruangan dapat membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk dan kualitas udara menjadi lebih sehat. AC pun sudah umum digunakan di rumah, kantor, kafe dan tempat umum lainnya yakan.

Saat ini masih ada AC yang menggunakan neon atau CFC yang dapat membuat lapisan ozon menipis. Kalau loe masih menggunakan AC jenis ini, mulai sekarang biasakanlah untuk mematikan AC ketika sedang tidak digunakan ya. Pakai dengan seperlunya untuk menghemat pemakaian. Bisa lebih hemat penggunaan listirk jugakan, tagihan juga aman.

5. Bawa Botol Minum Sendiri


Mulai sekarang, biasakanlah membawa botol minum sendiri atau tumblr. Dengan kebiasaan kecil ini loe nggak perlu membeli air mineral dalam kemasan botol plastik setiap kali bepergian. Menggunakan air mineral kemasan terlalu sering tentu saja akan menambah sampah plastik. Sebagai contoh, loe bisa membawa botol minum sendiri kalau pergi ke kantor, berolahraga atau berangkat gym. Selain bisa mengurangi sampah plastik, loe juga bisa lebih hemat. 

Banyak hal baik yang bisa kita lakukan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik sekecil apapun itu kontribusinya. Kalau kita konsisten, kontribusi yang kecil itu akan menginspirasi orang untuk melakukan hal yang sama dan kemudian akan berdampak menjadi perubahan besar.

Seperti hal-hal baik yang dilkukan orang yang gue kenal, seorang motifator besar, bapak Kafi Kurnia. Beliau adalah pemerkasa sebuah platform digital yang diberi nama “SEMBUTOPIA"  @sembutopia . Sebuah ide sederhana untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar kita bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan. Jadi concern Sembutopia ini memang untuk menyembuhkan Indonesia dari segala macam penyakit baik itu penyakit jiwa atau raga. Apalagi dalam musim corona seperti ini, semua orang butuh bebas dari penyakit. 

Dan tulisan ini dibuat dalam rangka ikut merayakan hari Bumi yang ke-50 hari ini. Semoga Bumi benar-benar membaik dan kembali sehat setelah pandemi ini. Jangan lupa lakukan perubahan kecil seperti yang gue tulis di atas, gue pun sudah mempraktekannya pelan-pelan. Tetap semangat dan jaga kesehatan ya. Jangan lupa konsumsi banyak buah dan sayur serta tetap stay #dirumahaja dulu.

You May Also Like

0 komentar