Diberdayakan oleh Blogger.

Generasi Milenial Bijak Memilih Makanan

by - Februari 26, 2020


Semua orang di dunia ini mungkin sadar tentang sehat itu penting dalam hidup. Tapi nggak banyak yang benar-benar sadar bagaimana mengisi hidup ini agar tetap sehat. Nggak jauh-jauh, gue dulu anaknya nggak sehat banget dari makanan, perbuatan sampai pergaulan. Apa aja, hajar yang penting enak dan gue suka. Tapi enak itu ternaya jahat. Sebentar aja yang dirasa, selanjutnya sengsara dalam waktu lama. 

Temen gue contohnya, masih muda udah kena stroke. Masih ringan sih dibagian bibir kirinya, tapi tetep aja akan mengurangi produktifitas sehari-hari kan. Nah dari situ gue juga belajar untuk nggak meniru gaya hidupnya yang jauh dari kata sehat. 

Sebenernya nggak susah kok gaes untuk tetap sehat itu, nggak mahal pula. Hanya perlu komitmen aja. Komit untuk tetap istiqomah banyak minum air putih, perbanyak makan sayur bukan makanan olahan, dan ganti cemilan serba micin dengan buah-buahan. Aktifitas fisik jangan lupa, minimal seminggu sekali diniatin olahraga. Nggak harus ke gym yang berbayar, senam sendiri di rumah bisa sambil liat youtube buat nyari tutorial senamnya. Atau yang kebetulan baca ini orang Semarang, jangan bingung mau olahraga di mana. 

Pemerintah menyediakan banyak fasilitas untuk menunjang kesehatan warganya. Datang aja ke Gor Tri Lomba Juang tiap hari boleh pukul 06.00 - 10.00 atau sore pukul 15.00 sampai 21.00 malam. Kalau udah makan sehat dan olahraga jangan lupa tes kesehatan berkala biar tahu juga status kesehatan bagaimana.

Kita generasi milenial harus sehat biar bonus demorafi yang pak Jokowi gembar-gemborkan selama ini nggak sia-sia. Percuma tahun 2045 kita punya banyak penduduk usia produktif kalau anak-anaknya nggak sehat. Kita bisa apa? ya makannya dari sekarang kita harus menjaga diri kita biar tetap sehat hingga tua. Kapan hari sempet nemu artikel dari CNN health tentang bagaimana memilih menu makan dari pagi, siang sampai malam. Milenial yang pengen tetap sehat sampai tua wajib belajar ini, akupun sedang belajar pola makan sehat sejak awal tahun.

1. Makanan berserat dan protein untuk makan pagi (sarapan)
Mulailah hari dengan makanan yang mudah dicerna. Makanan berserat membantu menjaga kondisi pencernaan. Sementara, untuk mendukung kebutuhan kalori dan nutrisi pilihlah protein yang bisa menyumplai energi dengan cepat. Masukkan makanan-makanan berikut dalam daftar sarapan ya.


Oatmeal
Oatmeal adalah pilihan menu santap pagi yang sederhana. Kandungan yang ada di dalam oatmeal membentuk lapisan pelindung yang bisa mencegah asam hydrochloric yang bisa membahayakan dinding perut. Selain itu, oatmeal juga mengandung serat larut yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Jadi, nggak usah ragu lagi untuk mengonsumsi oatmeal di pagi hari. Tapi emang nggak semua suka dengan oatmeal karena mungkin rasanya yang terlalu familiar sama orang Indonesia apalagi yang kampung kayak gue. Selain oatmeal masih ada beberapa menu yang bisa dipilih untuk sarapan. Baca selanjutnya.

Telur
Tidak diragukan lagi kalo telur emang kaya dengan kandungan protein. Selain memiliki banyak kandungan protein, mengonsumsi telur di pagi hari juga membuat perut cepet kenyang. Tidak hanya itu saja, telur juga ternyata bisa mengurangi asupan kalori saat makan yang berikutnya dan juga menjaga kadar gula serta insulin tetap stabil.

Roti Gandum
Roti gandum bisa menjadi pilihan terbaik untuk menu sarapan di pagi hari. Roti kasar yang terbuat dari gandum ini adalah salah satu makanan terbaik untuk sarapan pagi. Roti gandum memiliki serat dan karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan dengan roti tawar. Dan dari ketiga menu pilihan untuk sarapan pagi ini, gue paling suka dan bisa roti gandum ini. 


2. Sayuran, daging, dan karbohidrat untuk makan siang
Asupan sayuran dan karbohidrat diperlukan untuk menunjang aktivitas tengah hari. Saat daya konsentrasi mulai menurun, makanlah menu-menu di bawah ini:

Sup
Selain merupakan salah satu menu makanan yang praktis, sup juga berisi sayur-sayuran yang sangat berguna untuk tubuh. Kandungan yang dibutuhkan tubuh ada pada sayur sup. Sup juga memiliki asupan kalori yang pas untuk tubuh karena kalori di dalam tubuh yang tidak terpakai akan diubah menjadi lemak.

Daging
Masakan yang berbahan daging sangat pas dikonsumsi di siang hari. Kandungan di dalam daging sangat baik untuk pembakaran dan juga memberikan oksigen bagi sistem organ tubuh. Tapi, tentunya dimasak dengan benar akan menjaga keseimbangan kandungan yang ada dalam daging.


Sayur / salad
Salad adalah salah satu menu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Selain praktis, juga bisa menambahkan beberapa bahan makanan lain sesuai selera, tentunya dengan bahan makanan yang sehat. Salad berprotein adalah salad yang berisi sayur, buah dan juga tuna. Selain enak dan menyegarkan, menu ini juga memberikan energi di siang hari.


3. Kurangi karbohidrat saat makan malam
Aktivitas malam relatif lebih sedikit dibandingkan siang hari yakan. Untuk itu, kurangilah asupan karbohidrat dan gula saat makan malam. Berikut daftar makanan yang cocok  dikonsumsi malam hari:

Ikan
Pilihlah menu makanan berbahan dasar ikan-ikanan seperti sarden, salmon dan makarel karena dapat menjadi sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk tubuh terutama untuk kesehatan jantung. Bisa dikonsumsi setidaknya dua porsi ikan dalam satu minggu ya.

Tofu
Salah satu yang bisa menjadi menu makanan sehat di malam hari adalah makanan berbahan tofu. Tofu ternyata bisa menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh dan cocok bagi vegetarian atau yang tidak makan daging.

Keju rendah lemak
Keju dengan kandungan lemak yang rendah bisa menjadi menu tambahan di makan malam Anda. Meskipun kandungan lemaknya masih ada di dalam keju, tapi kalsium yang ada dalam keju bisa membantu menguatkan tulang. Dengan konsumsi yang sewajarnya, keju tidak akan membuat gemuk ternyata.

Jadi sudah ada gambaran bagaimana sebaiknya anak milenial memilih apa yang dimakan stiap harinya kan. Sehat itu investasi terbaik gaees, jadi jangan ragu untuk jadi sehat minimal mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan banyak makan sayur dan buah ya.

You May Also Like

3 komentar

  1. ayok isul, olahraga bareng di TLJ sabtu sore sampe gerbang ditutup? wahihiihi
    Soalnya makanan itu agak susah buat aku, jadi olahraganya dikencengin

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mas, boleh kapan-kapan haha
      aku selama ini olahraga di kantor aja indoor haha

      Hapus
  2. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus