In

Kita Butuh Kreativitas untuk Menuju Indonesia Maju

Gambar dari sini
Sering dengar kalau kita ini adalah generasi penerus? Sering dong, dan itu terus diulang-ulang untuk menekankan kepada kita kaum muda bahwa kitalah generasi penerusnya. Tapi apakah iya kita ini emang generasi penerus? penerus bangsa ini? dengan keadaan yang seperti ini?  

Indonesia sekarang ini memang sudah lebih baik, jauh lebih baik dari beberapa tahun sebelumnya. Tapi baik saja tidak cukup kan? kalau kita bisa menjadi luar biasa kenapa harus berhenti dengan hanya menjadi baik. Kita sudah merdeka sejak 72 tahun lalu loh, tapi masih saja menjadi negara berkembang. Itu yang harus kita teruskan??

Kalau aku sih nggak mau jadi generasi penerus. Aku lebih suka dengan generasi pencipta. Kita ciptakan sesuatu yang baru untuk berkontribusi dalam kemajuan negara tercinta kita, Indonesia. Lah untuk jadi generasi pencipta itu kita butuh kreatfitas karena kita nggak bisa memakai pola-pola yang sama dengan yang sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang baru. 

Kreatifitas itu juga ada banyak bentuk dan bidangnya, tergantung dari kita suka yang mana. Aku tentu lebih suka dengan bidang kepenulisan. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi dalam menuju Indoensia maju dengan menulis. Kita bisa menciptakan banyak tulisan positif untuk membuka pemikiran banyak orang tentang sesuatu hal yang salah karena apa yang akan kita tulis pasti punya pengaruh.  Karena pentingnya ilmu menulis itu aku masih terus belajar menulis dengan mengikuti berbagai pelatihan dan seminar kepenulisan dan blogging. Bidang yang beberapa tahun terakhir ini ku geluti.

Flash Blogging bersama Dinas Kominfo Jawa Tengah

Hari ini, Juma'at 2 Februari 2018 saya dan beberapa teman blogger Semarang mengikuti acara flash blogging yang diadakan oleh Dinas Kominfo Jawa Tengah bekerja sama dengan Ditjen Informasi & Komunikasi Publik di Hotel Santika Premier Semarang. 


Acara yang dimulai pukul 09.00 Wib tersebut dibuka oleh sambutan dari Kepala Dinas Kominfo Jateng yang diwakili oleh bu Evy Sulistyorini Kabid IKP kemudian dilanjutkan dengan sambutan bapak Deden Suryanandika yang merupakan direktur Kemitraan Kementrian Kominfo. 

Setelah sambutan tersebut acara dilanjutkan dengan materi pertama dari bapak Anto Prabowo mengenai tips menulis kreatif.  Ada beberapa point yang saya catat dalam materi yang disampaikan tersebut bahwa untuk menjadi penulis yang kreatif kita perlu menjadi diri sendiri dengan gaya kepenulisan kita. Sebenarnya tidak ada tips baku bagaimana menjadi penulis yang kreatif, yang terpenting bagaimana kita bisa mengemas sesuatu isu yang ada dengan cara berpikir kita yang berbeda. Selain itu untuk menjadi kreatif kita juga bisa banyak membaca untuk mendapatkan banyak inspirasi lagi, bertemu dengan banyak orang agar sudut pandang kita tentang suatu hal lebih luas dan juga jangan pernah takut mencoba sesuatu hal yang baru. 

Sesi materi pertama tersebut berakhir pukul 10.30 Wib kemudian jeda sejenak sebelum dimulai sesi ke dua mengenai cerita sudut istana.



Bapak Andoko Darta dari salah satu  staff kepresienan mengisi materi ke dua mengenai sudut istana. Sudut istana ini lebih banyak bercerita tentang bagaimana staff kepresidenan membantu dan mendampingin pemerintahan sekarang yang dipimpin oleh bapak presiden kita, Joko Widodo. 

Pak Andoko bercerita sekilas tentang perkembangan Indoniesia dari masa ke masa terutama masa pemerintahan yang sekarang. Pada era pak Jokowi ini secara pribadi ku akui banyak perubahan kesetaraan di wilayah Indonesia. Mungkin untuk masyarakat kota besar seperti di pulau Jawa perubahan tersebut tidak terlalu kentara, tapi akan sangat berbeda jika kita mengintip daerah-daerah yang berada di ujung Indonesia. 

Hal tersebut diaminkan oleh pak Andiko dalam materinya yang memaparkan tiga program pak Jokowi sejak dilantik menjad presiden 2014 lalu. Pada tahun pertama fokus pada pembangunan pondasi untuk menguatkan program yang akan dijalankan pada tahun ke dua yaitu percepatan insfratruktur untuk mencapai tujuan dari program tahun ke tiga  yaitu pemerataan yang berkeadilan. 

Paparan dari bapak Andiko tersebut sangat menarik karena diselingin dengan beberapa vidio pencapaian pemerintahan yang sekarang. Setelah materi ke dua tersebut selesai, kita jeda sejenak lagi untuk makan siang dan melakukan sholat Jum'at kemudian dilanjut lagi dengan menulis kegiatan hari ini pada blog pribadi.

Dengan kegiatan ini, kita bisa menjadi bagian dari masyarakat menuju Indonesia maju. Tidak perlu kontribusi yang besar dalam hal itu, cukup lakukan apa yang bisa kita jangkau untuk sementara ini. Sesuai kapasitas kita sebagai penulis, kita bisa mewujudkan menuju Indonesia Maju dengan tulisan kita yang membangun dan positif.


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts