Diberdayakan oleh Blogger.

Jangan Lewatkan Wisata Petik Apel saat Jalan-Jalan di Batu Malang

by - Desember 11, 2017

Jalan-jalan itu nggak sah rasanya kalau belum nyoba dan ngrasain apa yang menjadi ciri khas dari daerah yang kita kunjungi. Benerkan? ya sayang aja gitu kita udah jauh-jauh ke  sana malah nyarinya yang biasa aja kita bisa cobain di daerah kita tinggal. Kayak beberapa bulan lalu waktu aku jalan ke kota Batu Malang.

Kota Batu kan daerah penghasil Apel terbesar di Indonesia. Jadi kalau pergi ke sana ada yang kurang kalau nggak belanja apel. Bahkan apel di sana tidak dijual begitu saja, tapi dibuat wahana wisata petik apel. 

Nah aku penasaran juga pengen nyobain wisata petik apel itu. Pengen ngrasain sensasi makan apel yang dimakan langsung di kebonnya dan hasil dari metik sendiri. Setalah nanya-nanya dan nyari info tentang wisata petik apel Yang terkenal di sana, akhirnya dapat  wisata petik apel KTMA ( Kelompok Tani Makmur Abadi ). Loaksinya ada di desa Tulungrejo, Bumiaji kota Batu. Akses ke lokasi juga nggak susah kok, banyak petunjuk arah menuju ke sana.


Di buka dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore, HTM nya murah cuman 12.000 per orang free welcome drink sari buah apel asli Batu. Di sana kita bisa memetik juga makan buah apel yang ada di sana sepuasnya. Apelnya bisa langsung makan tanpa dicuci karena bebas dari pestisida.


 

KTMA ini luas banget kebonnya, ada sekitar 6 atau 7 hektar gitu dan merupakan lahan dari beberapa kelompok tani. Karena luas wilayah dan setiap pohon apel tidak memiliki waktu berbuah yang sama, akhirnya dibikin area tuh. Jadi setiap tiga bulan sekali area yang dijadiin lokasi wisata petiknya berbeda tapi masih di satu wilayah KTMA. Tiga bulan ini waktu setiap pohon apel selesai berbuah dan menunggu area yang lain berbuah apelnya, jadi jangan khawatir waktu ke sana apelnya nggak berbuah. Mereka sudah punya perhitungan sendiri gimana biar area yang dijadikan wahana petik pohonnya berbuah semua. 

 


Ada beberapa jenis apel yang tumbuh di sana, yang pertama apel manalagi yang warna apelnya ijo muda kekuningan.  Ke dua jenis rome beauty, warna apelnya hijau bercampur warna kemerahan, yang ke tiga apel hijau yang warnanya literarlly hijau kadang ada bintik-bintik putihnya dan jenis apel anna yang cantik banget karna warna buahnya dominan warna merah. Tapi dari semua jenis apel ini semuanya manis walaupun beberapa ada yang masih kecil.


Pohon apelnya juga nggak tinggi-tinggi banget, beberapa malah ada yang sampe ke tanah-tanah buah apelnya. Asik aja makan apel langsung dari pohonnya, sepuasnya pula. Kalau masih belum puas kita bisa membawa pulang hasil petiknya dengan menebus 20.000/kg.  Kalau dalam timbangan kita bisa ngepasin timbangan menjadi bulet 5 kg atau 10 kg kita bisa digratisin loh. Nggak pelu bayar dan bisa bawa balik apelnya Cuma-Cuma. Tapi ya harus bulet ya timbangannya, nggak ada kelebihan sekian ons.  

Jadi jangan lewatkan wisata petik apel ini kalau pas jalan-jalan di Batu Malang yes.

You May Also Like

2 komentar

  1. ralat dek,..itu masuknya bukan Rp. 25.000 tapi HTM nya Rp. 12.000
    Kalo Harga /Kg nya baru Rp. 25.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, sudah di perbaiki. Thanks kakak

      Hapus