In catatan isul Lifestyle

7 Karakter Guru Favorit Jaman Now


Cr Foto Setohandoko.blogspot.com
Orang yang paling berjasa dalam hidup selain orang tua dan keluarga menurut kamu siapa? Sempet bingung pas ditanya kayak gitu sama orang yang notabennya adalah seorang guru. Entah emang bener begitu adanya atau hanya ingin pengakuan semata, orang itu jawab kalau orang yang berjasa dalam hidup kita setelah orang tua adalah guru.

Kenapa? Karena guru adalah orang tua ke dua kita setelah masuk lingkungan pertama selain keluarga. Yang ngajarin banyak hal selain orang tua, yang mendidik kita selain orang tua. Pas dipikir-pikir lagi banyak benernya juga sih, emang gitu. Itu kenapa guru dianggap pahlawan tanpa tanda jasa. 

Walaupun pengorbanan dan jasa guru ini besar banget, sayangnya nggak semua murid bisa menerima dan menyukainya. Tapi walaupun begitu pasti mereka punya krietria guru favorit versi mereka. Nih aku punya rangkumannya, setelah survey kecil-kecilan kayak biasa. Tujuh Karakteristik guru favorit kids jaman now..

1. Guru Gaul

Beberapa dari hasil jawaban mereka menyukai guru yang gaul dan mengikuti trend yang sedang berkembang. Maksutnya sang guru ini dalam menjelaskan pelajaran nggak hanya berpatokan dengan buku pelajaran saja tapi bisa ditambahkan ilmu-ilmu baru yang berhubungan dengan mata pelajaran tapi pengetahuan-pengetahuan terkini.

Kayak aku pernah punya dosen yang gaul banget selalu kasih update terbaru tentang info-info yang tengah populer dibicarakan masyarakat dunia. Kebetulan waktu itu mengampu matakuliah komunikasi budaya.  

2. Guru Ramah

Maksutnya ramah di sini adalah mudah akrap dengan murid. Ada kan guru yang pembawaanya kaku banget yang malah biikin nggak nyaman atau canggung. Tetep ada batasan antara guru dan murid dalam hal ini, tapi batasan itu tidak terlalu jauh. JAdi guru juga bisa membaur dengan murid dan memberikan kesan kalau mereka bisa juga berteman. Jadi murid akan terbuka jika menemukan kesulitan saat belajar mata pelajaran yang diajarkan. Bisa cari solusi bareng-bareng kan kayak gitu.

3. Guru Mengisnpirasi & motivasi

Semua guru itu menginspirasi, cuman ada hal-hal yang membuat guru tertentu dikagumi karena memiliki banyak prestasi dan memotivasi muridnya untuk bisa melakukan hal yang sama jika mau berusaha. Jadi mohon maaf sebelumnya kepada para guru, ada kan guru yang standar biasa-biasa aja. Ya ngajar sesui dengan mata pelajaran yang diampu tapi ya gitu aja. Bosen, murid cenderung tidak terlalu suka dengan guru model gitu dan pasti berdampak pada kesukaan terhadap mata pelajaran yang diampunya. 

4. Guru Kreatif

Cara mengajar yang monoton gitu-gitu aja bikin murid bosan. Dalam hal ini guru emang dituntut buat sekreatif mungkin menggunakan metode-metode pengajaran. Bisa sambil dengan permainan, dibentuk kelompok belajar atau menonton film yang berhubungan dengan mata pelajaran. Intinya gunakan metode yang menyenangkan untuk menyampaikan mata pelajaran biar selain murid senang juga ilmu yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh murid.

5. Guru Unik & gaya nyentrik

Pasti ada deh di satu sekolahan minimal satu yang punya model guru unik dan nyentrik ini. Jaman aku SMP punya guru Geografi yang nyentrik banget cara ngomong dan jalannya. Awalnya aneh, tapi pas udah terbiasa justru itu yang unik dari guru itu dan ternyata banyak disukai para murid. SMA pun punya guru yang penampilan rambutnya nyentrik banget, walaupun galak tapi gara-gara penampilannya yang unik itu bikin murid suka sama guru BP waktu itu. Kuliah pun sama, punya dosen yang saking nyentriknya tiap kali ngajar warna kemeja, celana, ikat pinggang, sepatu sampe jam tangan punya warna beda dan tabrakan. Kayak perpaduan kemeja kuning, sepatu ijo, ikat pinggang orange, jam tangan biru. Yang kayak gitu nggak tahu kenapa bikin kita seneng nungguin keunikan apa lagi yang bisa dibawa ke kelas dan jadilah guru favorit.

6. Guru Humoris

 Humoris itu ngasih kesan nggak galak, dan murid kebanyakan nggak suka guru galak kan. Jadi kategori favorit lainya ya guru humoris ini. Di kelas jadi nggak berasa kaku banget, sepi kayak di kuburan karena gurunya terlalu killer. Bukan murid yang akhirnya paham dengan mata pelajarannya, yang ada pada tertekan dan nggak paham sama sekali dengan apa yang dijelaskan. Guru humoris  nggak menjatuhkan martabatnya sebagai guru kok, yang ada malah disukai karena lucu. Ya bukan nglucu setiap saat ngajar juga, bukan lagi stand up comedy juga. Tetep ngajar normal, tapi biasanya nyeleipin candaan-candaan gitu. Pasti punya kan guru humoris kayak gitu.

7. Guru Jarang Ngasih Tugas

Nah ini yang terakhir yang paling disukai murid-murid nih. Jarang ngasih tugas adalah guru idaman semua murid. Bukan apa-apa, mereka udah seharian belajar di sekolah, baliknya masak masih juga di kasih tugas. Tugas juga nggak dari satu mata pelajaran itu kan, yang lain juga ngasih tugas. JAdi kalo setiap pertemuan ada tugas dan murid ngerjain tugas setiap hari setelah pulang sekolah yang ada mereka tertekan dengan tugas-tugas yang ada. JAdi seharusnya para guru juga lebih bijak soal pemberian tugas ini sih. Dan kenyataanya guru yang sering banget ngasih tugas emang  dihindari banyak murid.


Nah itu ada tujuh karakter guru yang biasa jadi favorit murid-murid berdasarkan surfei kecil-kecilan yang ku lakukan. Sebagai salah satu memperingati hari guru 25 November kemaren, dan juga memenuhi tantangan arisan link dari mba relita  Cek Di sini untuk kenalan  dan mba Yulia Cek Di sini untuk kenalan ...

Selamat hari guru bagi semua guru di seluruh Indonesia, profesi kalian bener-bener mulia...















Related Articles

2 komentar:

  1. Aku juga punya guru unik, dari penampilan dan gaya ngajarny itu beda banget sama guru lainnya

    BalasHapus
  2. Wah ternyata susah jg yaa jadi guru yg menyenangkan itu, harus terus belajar ni..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts