In catatan isul Lifestyle

5 Cara Membuat Ruang Tamu Sempit Nampak Luas

Gambar ini diambil dari google
Ini bukan mau sok jadi konsultan hunian ya segala macem bikin tulisan cara bikin ruang tamu sempit nampak jadi luas. Serius aku nggak ahli dalam bidan ini. Jangankan ngasih tips tentang design ruang tamu, design kamar sendiri aja masih awut-awutan.

Tapi gimana dong, emang ini tantangannya dari mba Dian Nafi http://www.writravelicious.com/ dan Mba Archa http://www.archabella.com/ yang menang arisan periode ini. Sendirinya arsitek sih ya jadi tema yang dikasih nggak jauh-jauh dari rumah dan bangunan. Untung nggak suruh ngitung kerangka bangunan rumah masing-masing! Hhzzz

Kalau rumah idaman ku sendiri sebenernya ada. Setipe 60 dengan dua lantai, ruang tamu langsung di lantai dua dengan dua kamar tidur di atas dan satu kamar tidur utama di bawah. Lantai satu diisi dengan ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Jadi nampak dari depan rumah udah langsung tangga ke lantai dua di ruang tamu. Nggak ada akses masuk dari lantai satu kecuali lewat garasi dan itupun hanya untuk keluarga dekat yang bisa langsung ke ruang keluarga. Kalau tamu-tamu biasa di lantai dua, jadi tingkatnya menurun gitu. Terus masih ada sisa lahan kosong di belakang untuk bikin taman buat acara kumpul-kumpul. Lantai satunya juga dengan banyak jendela kaca besar-besar biar kalau pas kumpul bisa dibuka semua dan nampak nyatu dengan taman belakang.

Sungguh rumah yang sangat diidam idamkan dan berlebihan kayaknya. Haha, ya semoga aja dapat suaminya pengusaha jadi bisa bangun rumah kayak gitu. Amiiinnn..

Nah kalau tulisan rumah idaman gitu aja kayaknya nggak pantes buat bikin tulisan arisan. Jadi ku tambahkan  sedikit tips tentang ngakalin ruang tamu yang sempit biar keliatan luas. Untuk tulisan ini ku ngggak ada survey kecil-kecilan kayak biasa, selain waktunya nggak ada sampe deadline tulisan ini mundur banget juga bingung mau apa yang disurvey. Jadi aku hanya menyadir artikel tentang tips menata rumah dari situs fotorumahminimalis.com dan beginilah 7 caranya.

1. Memilih Warna Cerah Untuk Dinding dan Lantai

cr Google

Warna gelap bisa membuat sebuah ruangan menjadi terlihat lebih nyaman karena mereka menyerap cahaya. Beda dengan warna cerah yang memancarkan cahaya jadi nggak heran kalau warna  gelap bikin ruangan keliatan lebih sempit. Jadi pilih warna cerah untuk dinding, lantai dan atap biar ruangan terlihat lebih luas.

2. Memakai Corak Garis-Garis untuk Memperpanjang Ruangan

Cr Google
gunakan furniture dan karpet bercorak garis untuk menampakan ruangan lebih lebar. Hindari karpet yang terlalu banyak corak karena akan terkesan ramai dan bikin ruangan jadi lebih sempit. 

3. Jangan Gunakan Banyak Furnitur di Ruang Tamu

Cr Google

Kalau ruangan udah sempit, hindari banyak menaruh furnitur di dalamnya. Biar ada space dan bisa buat gerak dan kelihatan lebih lapang.

4. Jangan Pakai Aksesoris Ruangan dengan Ukuran Besar

Cr Google
Kalau mau menambahkan sedikit aksesoris ruangan atau hiasan dinding jangan cari dengan ukuran besar. Pilih aksesoris kecil-kecil dengan warna senada dengan atap atau lantai tapi jangan samakan warna dengan dinding.

5. Letakan Satu Kaca Berukuran sedang untuk Menciptakan Ilusi Ruang yang Lebih Luas

Cr Google
ini item yang cukup penting untuk membuat ruangan nampak lebih luas. Pantulan bayangan dari kaca akan menyamarkan ruang sempit. 

Jadi begitu kira-kira 5 cara yang bisa dicoba untuk merombak ruang tamu sempit anda. Semoga membantu dan bermanfaat ya.








Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts