In catatan isul review

7 Aplikasi Penunjang Aktivitas Ngeblog Ku

Foto saya sendiri loh ya ini
Semua hal di dunia ini terhubung dan saling mendukung. Bener ya? saling terhubung ini karena peran kecanggihan teknologi sekarang, dan saling mendukung karena satu sama lainya saling membutuhkan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Termasuk dalam menghasilkan satu postingan di blog ini, aku juga membutuhkan beberapa aplikasi penunjang. Nggak selalu dipakai sih, tergantung kebutuhan.  Apa aja itu, simak nih siapa tau kebutuhan kita sama. Jadikan bisa tosh nanti setelah selesai baca.

1. Blogger

Karena aku pakainya platform blog jadi yang aku butuhkan pasti aplikasi blogger. Untuk lebih memudahkan lagi aku juga download aplikasinya versi android di HP, jadi sewaktu-waktu pengen ngedraft tulisan bisa langsung buke di HP. Tapi ternyata jarang nulis blog dari HP juga karena sesui selera lebih enak nulis di PC. Selian blogger sebenernya ada yang lain kayak wordpress, tapi udah lama nggak keurus jadi wordpress pelan-pelan aku tinggalkan.  

Gambar dari google

2. Tumblr

Aplikasi ini aku apakai kalau lagi pengen nulis singkat-singkat aja, tapi ngga nutup kemungkinana nanti dikembangin lagi jadi tulisan yang panjang. Nah ku pindah ke blogg deh, jadi semacam teaser blog juga tulisan singkat di Tumblr ini. 


3. Google Drive

Aku pakai Google Drive untuk ruang menyimpan file-file yang mungkin dibutuhkan saat blogging secara online. Ngebantu juga buat arsip tulisan-tulisan yang udah atau akan dipublish di blog, jaga-jaga kalau terjadi sesuatu dengan blog ada backup data. Aku pernah ngalamin ilang tulisan saat diposting dan itu ngga aku save di mana-mana selian di draft blogger. Anehnya juga di draft tulisan ilang semua tinggal judul, mana itu tulisan deadline banget malam itu. Rasanya kayak mau garuk-garuk layar laptop. Sejak itu aku jadi pakai Google drive buat backup.

4. Evernote

Evernote ini salah satu aplikasi penting dan populer bagi penulis, termasuk blogger. Aplikasi ini bisa bantu menyimpan ide-ide segar yang secara acak muncul di kepala. Biasanya aku suka nyatet ide-ide kecil atau bahkan cuman sebatas satu dua kalimat aja yang menarik dan bisa dikembangkan untuk keperluan nulis blog.

Gambar dari google

5. Twitter, Facebook dan Instagram 

Lini masa sosial media ini sangat membantu untuk keperluan promo tulisan baru di blog. Jadi kalo aku udah selesai upload ke blog, biasanya share juga ke Facebook, Twitter dan Instagram. Jadi temen-temen di sosial media yang lain tau kalau habis upload tulisan baru kadang juga ditambahin ception persuasif biar pada baca blog. 


6. Photo Editor

Kalau untuk aplikasi ini sebenernya aku jarang pakai, sering upload foto di blog apa adanya tanpa edit. Tapi kualitas fotonya emang udah bagus, jadi ngga ganggu pas udah di upload di blog masa burem dan butek. Tapi kadang ada beberapa yang harus diedit kayak ngecrop dikit atau naikin kontras.

7. Google Analytics              

Nah khusus aplikasi ini yang baru mau akan aku fungsikan. Sebelumnya belum pakai ini karena dulu masih pakai blogspot belum punya domain sendiri jadi kalau mau analisa DA ya kan pakai domainnya blogspot. Karena sekarang udah pakai domain sendiri, ini sangat perlu dan penting. Untuk tau sekaligus analisa perkembangan blog. Kita bisa cek melihat statistik visitors, pageview dan statistik realtime dari blog.


Gambar dari google
 Nah itu 7 aplikasi penunjang kegiatan ngeblog aku, masih sederhana sih tapi kamu juga pasti kaum yang memakai rata-rata aplikasi di atas kan? Toshh

Nah ini mba Rahma Klik di sini buat buka profilenya dan mba Nyi Klik Sini Juga buat cari tahu profilenya  pakai aplikasi yang sama nggak sih mba? Kenapa yang ditanyain mereka berdua? karena minggu ini mereka yang menang arisan link Blog dan ngasih tantangan tema ini. See, misi ku periode ini clear ya mba.


Related Articles

4 komentar:

  1. Aku anak Google Drive jugaaa yay cuuungggggg

    BalasHapus
  2. Baru pakai no. 1 dan 5 aku mah sul 😊

    BalasHapus
  3. Wah bnayak aplikasi yang samaan kita sul..asyik ya sekarang banyak aplikasi yang mendukung kegiatan ngeblog :)

    BalasHapus
  4. Wah uda nemu solusi buat tulusannya yg sempat ilang mlm2 itu ya? Kapan2 aku ikutin deh. Tfs y isul...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts