In catatan isul

5 Profle Penulis Terkenal Indonesia Favorit ku

Setiap orang pasti memiliki impian. Apapun itu bahkan impian sesederhana mungkin. Macam-macam impian itu juga banyak banget dan berubah sewaktu-waktu. Ada yang gitu nggak sih,cita-citanya berubah ubah. hihi Kayak aku dulu yang pengen banget jadi penulis, sampai sekarang juga masih tapi ngga sepengen dulu. Karena pengen jadi penulis dan belum kesampaian sampe sekarang jadi bisanya sementara ini masih mengidolakan penulis trekenal lainya dulu. Ini ada lima daftar penulis idola ku, sama nggak kira-kira dengan penulis idola kamu? punya idola dong ya..

Darwis Tere Liye

Darwis Tere Liye, lahir tanggal 21 Mei 1979. Tere Liye menikah dengan Ny.Riski Amelia dan di karunia seorang putra bernama Abdullah Pasai. “Tere Liye” merupakan nama pena yang diambil dari bahasa India dengan arti : untukmu, untuk-Mu. Sebelum nyari-nyari tahu tentang Tere Liye ini aku kira dia perempuan loh, ngga nyangka ternyata laki-laki. Karya-nya selalu sukses bikin yang baca jadi renungan, gaya bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, namun terangkai dengan indah adalah kesan yang akan dirasakan setiap pembaca tulisannya. Dengan kepiawaiannya merangkai kata, cerita, dan makna jadi nggak heran kalau hampir seluruh novel Tere Liye sukses meraih Best Seller. 

Hafalan Sholat Delisa, Moga Bunda Disayang Allah, dan Bidadari – Bidadari Surga adalah beberapa judul novel Tere Liye yang telah sukses di pasaran, dan telah diangkat menuju Layar Lebar karena keberhasilannya menggaet hati pembacanya.

Karya-karya Penulis Terkenal Darwis Tere Liye

  1. Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin (Gramedia Pustaka Umum,2010)
  2. Pukat (Penerbit Republika, 2010)
  3. Burlian (Penerbit Republika, 2009)
  4. Hafalan Sholat Delisa (Penerbit Republika, 2005)
  5. Moga Bunda Disayang Allah (Penerbit Republika, 2005)
  6. The Gogons Series : James & Incridible Incodents (Gramedia Pustaka Umum, 2006)
  7. Bidadari – Bidadari Surga (Penerbit Republika, 2008)
  8. Sang Penandai (Penerbit Serambi, 2007)
  9. Rembulan Tenggelam di Wajahmu (Grafindo 2006 & Republika 2009)
  10. Mimpi-Mimpi Si Patah Hati (Penerbit AddPrint, 2005)
  11. Cintaku Antara Jakarta dan Kualal Lumpur (Penerbit AddPrint, 2006)
  12. Senja Bersama Rosie (Penerbit Grafindo, 2008)
  13. Eliana, Serial Anak-Anak Mamak
Tere Liye biasanya nggak nampilin banyak biografi-nya di setaip karya-karyanya, begitupun di media Online, jadi akan cukup sulit untuk menemukan biografi lengkap Tere Liye. Sebuah kutipan menarik dari salah satu pojok biografi Tere Liye:

 Bekerja keras, namun selalu merasa cukup, mencintai berbuat baik dan berbagi, senantiasa bersyukur dan berterima-kasih maka tereliye percaya, sejatinya kita sudah menggenggam kebahagiaan hidup ini. Sederhana memang, tapi sungguh pada pelaksanaannya tidaklah sesederhana itu.

Habiburrahman El Shirazy

Habiburrahman El Shirazy (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 30 September 1976) yang sekarang ini berumur 37 tahun pernah di nobatkan sebagai Novelis No.1 Indonesia oleh INSANI UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP) Semarang. Novelis lulusan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir ini juga dikenal sebagai sosok sutradara, dai, dan penyair.  

Selain di Indonesia, Karya-karyanya banyak diminati juga di mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, Taiwan dan Australia. Banyak yang menilai karya-karya fiksi kang Abik dapat membangun jiwa dan menumbuhkan semangat berprestasi pembaca-nya. Di antara karya-karyanya yang telah beredar di pasaran dan berhasil menjadi salah satu novel fiksi terlaris di Indonesia yang dicetak sampai dengan 160 ribu eksemplar hanya dalam jangka waktu tiga tahun adalah Ayat-Ayat Cinta, yang telah diadaptasi menjadi film pada 2008.

Karya-karya Penulis Terkenal Habiburrahman El Shirazy

  1. Diatas Sajadah Cinta (telah disinetronkan Trans TV, 2004),
  2. Ayat-Ayat Cinta (Republika-Basmala, 2004)
  3. Ketika Cinta Berbuah Surga (MQS Publishing, 2005)
  4. Pudarnya Pesona Cleopatra (Republika, 2005)
  5. Ketika Cinta Bertasbih (Republika-Basmala, 2007),
  6. Ketika Cinta Bertasbih 2 (Republika-Basmala, 2007)
  7. Dalam Mihrab Cinta (Republika-Basmala, 2007).
Kini El Shirazy tinggal di kota Salatiga. Dengan aktivitas lebih banyak digunakan untuk memenuhi undangan mengisi seminar dan ceramah, di samping juga menulis novel yang menjadi pekerjaan utamanya dan sesekali menulis skenario sinetron untuk Sinemart.

Andrea Hirata

Andrea Hirata Seman Said Harun lahir di Belitung, 24 Oktober 1976; Penulis yang telah memasuki umur 37 tahun ini merupakan salah satu novelis terkenal indonesia yang telah merevolusi dunia Sastra Indonesia. Berasal dari Pulai Belitung provinsi bangka belitung dengan novel perdananya adalah Laskar Pelangi.
Novel Laskar pelangi merupakan salah satu novel paling laris di Indonesia sejak tahun 2006 hingga saat ini, menurut beberapa sumber Laskar Pelangi telah berhasil di jual dalam 600.000 exp. Selain itu, novel ini telah diadaptasi menjadi berbagai bentuk seni lain, seperti Film, Lagu, dan Drama musikal.

Karya-karya Penulis Terkenal Andrea Hirata

  1. Laskar Pelangi
  2. Sang Pemimpi
  3. Edensor
  4. Maryamah Karpov
  5. Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas (2010)
  6. Sebelas Patriot (2011)
  7. Laskar Pelangi Song Book (2012).
Walaupun masih terbilang wajah baru dalam dunia kepenulisan Indonesia, Andrea Hirata yang merupakan seorang mahasiswa ekonomi ini telah begitu sukses dalam dunia kepenulisan melalui karya-karya best sellernya yang memuat ide-ide segar seorang Andrea, dan gaya tulis khas-nya yang mampu membuat pembacanya terkesima. Meski demikian Penulis terkenal Indonesia ini dahulunya bahkan sempat berkali-kali ditolak oleh penerbit yang tidak menyukai gaya bertutur Andrea. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menerbitkan sendiri bukunya secara indie.


Asma Nadia

Asmarani Rosalba (lahir di Jakarta tahun 1972), lebih dikenal sebagai Asma Nadia, salah seorang Penulis Nasional, dikenal sebagai pendiri Forum Lingkar Pena, yakni sebuah perkumpulan yang membantu penulis-penulis muda untuk mengembangkan kemampuan menulis mereka. Merupakan manajer Asma Nadia Publishing House. Telah banyak memperoleh penghargaan untuk karya-karyanya, dan sering menjadi pengisi materi dalam berbagai loka karya yang berkaitan dengan kepenulisan dan keperempuanan.
Motivasi lain Asma dalam menulis adalah karena dengan menulis seseorang dapat berbicara dan menyampaikan protes pada puluhan ribu orang, bahkan ratusan ribu, bisa menjangkau tempat-tempat yang jauh dan tidak terbayangkan sebelumnya. Bahkan bagi perempuan, menurut Asma, profesi menulis bisa membuatnya tetap dekat dengan keluarga.

Karya-karya Penulis Terkenal Asma Nadia

Terakhir, telah menulis 49 buku! Dan dibawah ini adalah beberapa diantaraanya:
  1. Assalamualaikum Beijing
  2. Salon Kepribadian
  3. Derai Sunyi[novel], mendapat penghargaan MASTERA
  4. Preh (A Waiting), naskah drama dua bahasa
  5. Cinta Tak Pernah Menar [kumcer] meraih Pena Award
  6. Rembulan di Mata Ibu (2001), novel, memenangkan penghargaan Adikarya IKAPI
  7. Dialog Dua Layar, Adikarya IKAPI, 2002
  8. 101 Dating meraih penghargaan Adikarya IKAPI, 2005
  9. Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!, nonfiksi, best seller.
  10. Emak Ingin Naik Haji: Cinta Hingga Ke Tanah Suci (AsmaNadia Publishing House)
  11. Jilbab Traveler (AsmaNadia Publishing House)
  12. Muhasabah Cinta Seorang Istri
  13. Catatan hati bunda
  14.  
     

Dewi ‘Dee’ Lestari

Dee panggilan akrab wanita kelahiran Bandung, 20 Januari 1976! Seorang penulis Asal Indonesia yang telah terlebih dulu terkenal sebagai seorang penyanyi. Tak banyak yang mengenali Dee sebagai seorang penulis sampai novelnya Supernova mulai terbit ditengah masyarakat. Seorang penulis yang katanya telah menghasilkan lebih dari 1,5 miliar rupiah dari seluruh novelnya.

Karya-karya Penulis Terkenal Dewi Lestari

  1. Novel Supernova: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh, 2001
  2. Novel Supernova: Akar, 2002
  3. Kumpulan Prosa dan Puisi “Filosofi Kopi” 2003
  4. Novel Supernova: Petir, 2005
  5. Kumpulan Cerita Rectoverso, 2008
  6. Novel Perahu Kertas, 2009
  7. Kumpulan Cerita Madre, 2011
  8. Novel Supernova: Partikel, 2012
Jadi begitu kira-kira profile lima penulis favorit ku yang aku kumpulin dari bebrbagai sumber. Mereka yang aku tulis namanya adalah orang-orang hebat di dunia penulisan Indonesia. 
Ngomong-ngomong soal penulis favorit ini sebenernya menjawab tantangan dari arisan blog di grub kayak yang udah-udah. Dan pemenang edisi ini ada mba Dani cek sini profilenya dan mba Irfa Cek Di sini Profilenya
Sambil buka-buka link blog diatas ya, kontennya inspiratif banget.

 






Related Articles

2 komentar:

  1. Bacaanya novel ya hahah. Aku kok kalo baca novel mesti nggak bisa kelar wkwkwk

    BalasHapus
  2. Wah seleranya mbak isul bagus-bagus.. toss dulu mbak aku juga doyan baca novel :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts