In catatan isul Lifestyle

Tren Pernikahan 2017

Foto ini saya ambil dari hasil foto Prewed abang saya, dari Seoul Galery
Setiap kehidupan manusia pasti melalui fase-fase tertentu yang harus dilalui. Kayak fase alay misalnya, fase jaman kapan tahu yang posting status FB ala-ala, juga foto-foto jaman kapan tahu yang sekarang masuk kategori iuhh banget. Atau jaman pakai baju yang pada saat itu IN banget tapi kalo dipakai saat ini jadi freak banget.

Selain fase alay tadi juga pasti setiap orang melalui yang namanya fase ana-anak, remaja, dewasa juga tua.Cuman yang saat ini pernah gue lalui ya fase anak-anak, remaja dan menuju dewasa. Fase dewasa yang mungkin sebagian orang ditandai dengan pernikahan dan posting kali ini mari kita bahas fase menuju dewasa. Pernikahan,eheemm...


Soal pernikahan itu, beberapa waktu yang lalu gue nemu infografik dari tirto yang menyajikan tentang tren pernikahan 2017. Diulas dalam info itu tentang lama pertunagan, pengeluaran biaya nya juga pihak mana yang menanggung anggaran pernikahan tersebut. Datanya lumayan buat patokan yang udah pacaran lama banget pacaran atau boleh lah yang baru pacaran dan berencana ke pelaminan. Gue? jangan ditanya dulu lah, mau fokus nyari pasangannya dulu aja.

Sumber dari tirto.id

lama Pertunangan 

Angka paling besarnya ada di jenjang waktu 7 sampai 12 bulan nikah setelah bertunangan. Angka tersebut kalau dipersenkan mencapai 40% yang artinya mayoritas. Dan memang sebaiknya jarak ideal waktu dari pertunangan menuju penikahan ya ada di angka 7 bulan sampai 12 bulan itu sih. Selain masih ada banyak waktu buat nyiapin urusan pernikahan juga masih bisa mengenal pasangan lebih dekat setelah bertunagan. Buru-buru banget nggak enak, kelamaan juga nggak enak. Pas lah kalau angka ini. Tapi ada juga yang menikah tanpa bertunangan. Kecil sih, cuman 5,6%. Bagi  mereka yang percaya kalau nikah nggak ada perlu tunangan. Tunangan itu hanya sebatas proses menuju pernikahan, misalnya itu dihilangkan juga nggak berpengaruh besar dengan prosesi pernikahan. 

Jumlah Undangan & Anggaran

Nah ini yang terpenting dari acara resepsi pernikahan. Menentukan jumlah Undangan dan anggaranya. Dari tabel di atas, untuk undangan terkecilnya kurang dari 50 undangan aja udah di kisaran 25 juta sampai 45 juta. Padahal rata-rata tamu pengantin aja bisa sampai 200 atau 300 an, lihat di tabel deh kalau tamunya segitu berati perkiraan biaya yang harus dikeluarkan 70 sampai 150 jutaan. Kalau lebih budget juga pasti nambah lagi.  Kalau mengacu pada data diatas untuk tamu undangan lebih dari 1000 tamu mungkin yang anak pengusaha atau pejabat yang kenalan nya banyak dan punya banyak stok kenalan banyak. 

Rincian Pemakaian Anggaran

Dari data yang disajikan diatas pemakaian anggaran terbesarnya masuk ke catering dan dekorasi. Masuk akal sih mengingat dua item itu cukup penting. Sebenernya untuk anggaran ini fleksibel sih, bisa tambal sulam misalnya untuk vidio dan foto atau untuk rias nya. Mungkin bisa dikurangin untuk prewed nya, kalau nggak terlalu penting baget bisa di cut. Atau kalau enggak, bisa pakai jasa studio foto yang masih midle lah, nggak harus yang sampai 10 jutaan. 

Penyedia Anggaran

Penyedia anggaran terbesarnya tentu pengantinya meskipun kadang dibantu sama orang tua. Jadi kesimpulanya adalah nikah nggak butuh cinta aja, tapi juga butuh tabungan..

Rekomendasi vendor pernikahan area Semarang

Sebenernya ada banyak vendor di Semarang yang bisa dihubungi untuk membantu gelaran resepsi pernikahan sih, gue sendiri juga belum pernah nyari buat ngurus pernikahan sendiri. Tapi beberapa rekomendasi teemen yang udah pernah pakai dan juga hasil nyari di internet, ini beberapa vendor pernikahan di Semarang.


3. Sanggar Rias Pengantin PANDANWANGI
Jl. Lamongan Raya No 8 Semarang
024-70550659,
08122557768,087831111833,085740921333
Pin BB 7CFB4F9E

4.  Sanggar Dekorasi MUDO ASRI
Mas Mudo
Syailendra Residence no 30 Banyumanik Semarang
081228987373,081393339472

5. Wedding Organizer de Manten
Mas Bhayu Ajie
Srondol Bumi Indah Blok O no 5 Semarang
0816656153, 081901072005
Pin BB 2B9183E8
WA 0816656153
Harga paket sekarang :  mulai dari Rp. 15 juta.

6.  www.paketnikah.id












Related Articles

2 komentar:

  1. Wah penting ini hahaha merencanakan dulu lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih penting lagi juga nyari pasangannya ya mba, eh udah punya ya? aku sih belum hahah

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts