In catatan isul

MANUSIA PANCASILA

cr google

Hidup bernegara itu harus tahu dasar-dasar biar ngga kesasar ideologi nya. Ya ngga harus disamain juga ideologi kita dengan negara secara saklek, kita hidup di negara yanag demokratis kok bahkan sampai demokratisnya sampai lupa bagaimana cara bernegara yang baik. 
Tapi setidaknya untuk bisa menjadi bagian dari warga negara yang punya kontribusi dengan kemajuan bangsa, paham ideologi negara sendiri itu perlu banget apalagi sampai bisa mengaplikasikan ideologi itu sendiri. levelnya uda beda untuk manusia yang bisa seperti itu.

Ideologi negara kita apa sih? Pancasila  kan, semoga ngga ada yang salah ya soal ini. Ini dasar Loh. Kalau dasarnya aja udah salah bagaimana yang lain-lainya.

Dalam pancasila ada Lima sila yang menjadi pedoman berbangsa dan bernegara. Kita semua mungkin bisa menghafal dan mempelajari banhkan mengkaji tentang ke lima sila tersebut, masalahnya adalah tidak banyak dari kita yang benar-benar paham dan bisa mengamalkan sila-sila tersebut. Ya, diakui juga termasuk yang nulis ini. 

Ingat tanggal 20  Mei lalu yang semua orang mengakui " Saya Indonesia. Saya Pancasila". Hanya sekedar mengikuti tren yang ada, tanpa tahu maknanya. Karena masih banyaknya yang salah paham tentang pancasila ini, belakangan pemerintah nampak gencar mengkampanyekan tentang gerakan pancasila. 


Kayak hari tanggal 13 Juli ini dari Kominfo Jawa Tengah ngadain acara Flash Blogging untuk menuju HUT RI 72  Indonesia bekerjaa bersama, bersama bekerja. Dalam acara tersebut mengundang para blogger Jawa tengah dan menghadirkan pembicara seorang Blogger kawakan yang dikenal Ndoro Kakung dan Akademisi Pancasila dari UGM Bapak Hery.

Dalam acara tersebut diulas tentang bagaimana Pancasila menjadi dasar Ideologi kita bernegara dan bagaimana caranya mengaplikasikan dalam kehiduapn sehari-hari. Level manusia yang sudah bisa menjalankan itu berbeda levelnya dengan manusia yang hanya bisa mencela usaha pemerintah untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik. Manusia pancasila, manusia yang mengamalkan nilai pancasila tanpa mengatakan bahwa dirinya pancasila. 


Selain itu untuk mengatasi perbedaan pandangan tentang Pancasila ini, pemerintah melalui jajaranya gencar mensosialisasikan program pemerintah berkaitan dengan mempersatuan NKRI salah satunya dengan Perpu Ormas nomor 2 tahun 2017. Yang diharapkan Ormas ini nantinya dibangun berdasarkan ideologi pancasila dan menghidupkan kembali nilai pancasila itu sendiri.






Foto keluarga ini wajib hukumnya kalau dalam acara, sayang juga dibuang mending disawang.

















Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts