In catatan isul Jalanjalan review

6 Tipe Partner Asik Buat Traveling


 Lok. Pantai Talang Ria Pacitan

Ngomongin soal traveling kayaknya hampir semua umat di Dunia ini suka ya. Kalaupun ada yang ngga suka mungkin 1 banding 1000 orang. Jalan-jalan berwisata masak ngga suka!! Kalo isul sih iyes, iyes suka. Apalagi kalau traveling nya dengan orang yang emang pengen banget kita ajak jalan-jalan. Gebetan atau pacar mungkin. Karena Isul lagi ngga punya dua dua nya jadi traveling sama keluarga atau temen dekat bisa jadi pilihan sih. 

Tapi ada beberapa orang yang bermasalah dengan partner traveling. Ada yang nyaman traveling sendiiri ada juga yang ngga bisa traveling sendirian. Buat yang ngga nyaman traveling sendirian dan belum ada pilihan mau traveling sama siapa, Isul punya tips asik buat seleksi orang yang asik buat diajak traveling nih.

Sebelum nulis artikel ini Isul udah bikin survey kecil-kecilan yang dibagi ke temen dan beberapa kenalan tentang tipe partner yang asik buat diajak traveling, nih simak hasilnya.

1.Santai
    Tipe pertama yang banyak ditulis responden adalah santai. Tipe orang santai emang asik buat temenan. Nggak ribet dan dikit-dikit dibikin drama. Sama juga kalau traveling sebaiknya nyari tipe orang santai ini. Ngga bikin ribet diperjalanan juga ngga heboh bawa segala macam keperluan yang mungkin ngga dibutuhin banget selama traveling. Tipe orang yang santai juga ngga mudah panik ketika ada sesuatu terjadi selama traveling. Ya kan kita ngga pernah tahu apa yang akan terjadi, bisa aja karena kendala sesuatu hal beberapa tempat yang masuk dalam list kalian untuk dikunjungin mungkin tutup atau bermasalah. Jadi ngga langsung seketika kacau jadwalnya, si santai ini akan menyikapinya dengan santai dan cari aja destinasi lainya. Ngga drama.

2. Mandiri
   Beberapa responden banyak juga yang menuliskan suka dengan partner traveling yang mandiri biar ngga bikin repot waktu diperjalanan. Masuk akal sih, karna ya kalau dia nya apa-apa minta tolong ke tetangga ya kasihan tetangga nya. Ngga bisa sepenuhnya menikmati perjalanan karena digangguin si yang ngga mandiri ini. Jadi semanja apapun kamu kalau lagi traveling bareng-bareng usahakan untuk bisa handle keperluan pribadi sendiri bukan apa-apa ngandelin temen. Besok-besok nggak akan diajak traveling lagi kalo gitu. Kecuali yang ajak gebetan atau pacar sih. Ah lupakan kalimat terakhir yang ini.

3. Nggak Pelit
    Nah, ini dipilih karena traveling berhubungan dengan budgeting. Biasanya mereka yang mengagendakan traveling jauh hari sebelumnya sudah punya estimasi biaya yang akan dikeluarkan selama jalan-jalan. Tapi nggak jarang juga akan muncul biaya-biaya dadakan yang ngga terduga. Kalau travling nya bareng-bareng enak sih bisa dibikin patungan berapa biaya total yang dikeluarkan. Nggak pelit disini juga ngga selalu berhubungan dengan uang sih, makanan dan benda-benda kebutuhan selama traveling juga bisa. Berbagi snack selama perjalanan atau berbagi kamera buat gantian foto atau foto bareng karena mungkin temen traveling kamu punya kamera yang lebih ciamik dari yang kamu miliki. 

4. Sehat
    Nggak nyangka kalau kategori sehat ini akan masuk dalam tipe partner traveling ini. Alasan dari para responden adalah berdasarkan pengalaman bahwa traveling sama orang yang kurang sehat juga akan mengganggu. Misal salah satu teman traveling kamu sedang sakit, mabuk darat atau mabuk laut kan ngga mungkin dipaksain juga buat nglanjutin destinasi selanjutnya. Akan ada jeda waktu buat dia istirahat dulu buat nenangin kondisi fisiknya, ini bisa jadi akan habisin waktu aja. Jadi kendala kan.

4. Adaptatif
    Masuk diurutan ke empat, tipe adaptatif dipilih karena traveling adalah agenda mengunjungi tempat-tempat baru yang mungkin keadaan dan kondisinya diluar dugaan kita. Jadi kalau ngga cepet adaptasi ya repot juga sih. Selain adaptasi dengan tempat wisatanya, juga harus bisa cepet adaptasi dengan teman-teman traveling nya biar nggak canggung atau jaim selama jalan-jalan.

5. Pengalaman 
    Sebenernya bisa aja sih jalan-jalan sama orang yang emang belum pengalaman traveling, toh sekarang ada banyak info bersumber dari internet traveling dan tempat wisata yang mau dituju. Tapi keuntungan ngajak mereka yang udah pengalaman adalah ketika sesuatu terjadi selama perjalanan dia tau solusi terbaiknya. Dia juga bisa jadi pemandu selama perjalanan. Lebih tenang karena paling tidak ada satu orang diantara romobongan yang tahu medan yang akan kalian kunjungi. Jadi bisa memperkirakan apa saja yang sebainya dibawa dan tidak juga sebaiknya nanti disana ngapain aja.

6. Jago Motret
   Ini bisa jadi tambahan aja sih kalo harus bawa temen jago motret buat traveling. Sekarang jaman nya semua kegiatan diupload in ke sosial media, jadi haram hukumnya traveling tanpa foto. Nah si jago motret ini bisa dimanfaatin buat bikin hasil foto-foto traveling kita lebih bergaya dan berwarna.
     

Nah, itulah 6 tipe partner asik buat traveling ala Isul berdasarkan survey.
Soal travelin ini inspirasinya datang dari arisan blog Gandjell Rell kayak Minggu-Minggu lalu yang bertema dan kebetulan minggu ini temanya adalah siapakah yang ingin kamu ajak traveling. Mba Winda dan Septi ini nih pencetus idenya. Keliatan mereka doyan traveling ya..

Nah sekarang setelah ada survey 6 tipe orang yang asik diajak traveling, maunya traveling sama siapa hayo yang sesui dengan ke enam tipe diatas? ajak Isul ya, udah memenuhi ke enam point diatas kok...




Related Articles

11 komentar:

  1. Setuju dengan tipsnya memilih pasangan travelling, tapi buatku tetap suami yang paling pas buat diajak travelling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba vita kan udah punya suami. Nah saya kan belum mba hiks

      Jadi kalo traveling mending nyari yg sesui 6 point diatas kan hehe

      Hapus
  2. Paling hepi kalo partner traveling jago motret jd foto kita bagus2 smua hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jago motret, kameranya bagus lagi ya mba. Duuhh, kontrak langsung deh jadi partner traveling tetap :)

      Kalo memungkinkan jadi partner hidup ya gpp hihi

      Hapus
  3. Traveling dengan orang baru juga asik, meski harus kepoin dulu track record nya ya, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalo traveling nya sama orang baru, tips ini bisa jadi panduan sih bu wati hehe

      Semoga bukan panduan yang menyesatkan sih ya hehe

      Hapus
  4. Kelima point ada sama suamiku tapi point ke 6 dese belom jago motret.hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering motret aja mba, nanti juga jago sendiri hihi

      Hapus
  5. Hihi.. menarik nih tulisannya Mbak Ira. Nomer 6 kayaknya jadi syarat "wajib" ya sekarang. Tambah oke lagi kalau dia juga memenuhi kriteria nomer 3 hihi. Makasih Mbak sudah menulis ini. :)

    BalasHapus
  6. Sama-sama mba Winda semoga bermanfaat ya tulisannya. Iya nomor 6 sekarang wajib untuk pertner apa aja harus ada tukang fotonya mba hihi

    BalasHapus
  7. Akk aku ngga iso motret ik huhu..artikelmu kece suuul...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts