In catatan isul

Dari Beranda Wattpad sampai ke Rak Toko Buku

gambarnya ngambil di google ya geng

Kisah lain hari ini datang dari perjalanan gue datang ke toko buku. Selasa 6 September 2016, nggak beneran niat pengen kesana sih, sekedar nganterin ponakan yang lagi nyari buku buat sekolah. Gue udah lupa kapan terakhir maen ke toko buku dan niat nyari buku karangan siapa gitu. Mungkin tahun lalu, itupun juga karena keperluan kuliah. 

Jadi malu sama keinginan sendiri, -kalau nggak mau disebut cita-cita sih karena kalau cita-cita itu masih terlalu sederhana?- yang pengen suatu saat nanti nemuin nama gue di sebuah cover buku fiksi sebagai penulisnya. Ini lagi usaha tapi mandek-mandek terus karena emang dari aktifitas sendiri belum ngijinin gue fokus nerusin tulisan-tulisna sampah gue yang numpuk di hardisk. 

Entah kapan, tapi gue percaya suatu saat nanti gue bisa nyantumin nama gue di sebuah cover buku fiksi. Percaya, ini janji gue!

Emm..Itu salah satu keinginan Absurd yang gue miliki sebenernya, gimana enggak kalau lo pengen jadi penulis tapi loe nggak rajin nulis, jarang bahkan udah nggak pernah lagi datang ke toko buku buat sekedar update judul buku atau penulis terbaru, dan yang paling ngeselin adalah loe sama sekali belum pernah belanjain uang buat beli salah satu karya fiksi dari penulis mana pun yang harusnya bisa loe jadiin referensi.

Se-enggak baik itu emang kelakuan gue. kalaupun lagi pengen baca buku apa karangan siapa gitu gue lebih suka minjem. Parahnya lagi beberapa tahun terkahir gue udah sama sekali  nggak baca buku apapun yang bersisi fiksi.

Terus loe mau jadi penulis nya yang kayak gimana kalo loe ternyata sepelit dan seudik itu huh!! 
Oke, gue kudu rubah pola untuk keinginan yang ini. Lagi atur strategi.


PERKENALAN DENGAN WATTY

Gue rasa udah banyak yang tahu ya wattpad -yang selanjutnya bakal gue panggil watty- apalagi yang seneng banget baca bacaan online gitu.

Gue pertama kali tahu Watty dari temen deket gue, namanya Riris. Dia temen deket banget jaman SMA, dan dia tahu kalau gue demen nulis. Pertama kali gabung di dunia orange itu gue masih pasiv banget, baca-baca aja karya orang yang random gue temuin di halaman beranda. Pokoknya yang covernya kelihatan menarik gue baca aja, apalagi kalau ada cerita ena-ena nya. Eyyaaa...

Setelah dua bulanan baca beberapa tulisan disana, akhirnya gue mutusin buat nelurin karya juga. Bulan Juni kalau nggak salah gue upload karya pertama judulnya A CHILD CEK DISINI

sampai detik ini gue belum juga nyelesein tulisan itu karena sepi pembaca. Sebenernya untuk draft udah selesai 90 persen di file macbook gue, cuman upload nya mandek di chapter ke 5 ya karena nggak ada yang baca. Angkanya berhenti di 400 viewers padahal udah lebih dari setahun.

Agak sedih sih walaupun gue tambah cerita-cerita yang lain angkanya tetep belum kelihatan bikin gue bahagia. Kalau penasaran ceritanya boleh deh CEK DISINI. Padahal yang gue upload di Watty juga udah ada di blog ini di laman CERPEN CEK DISINI tapi ya angka statistik cerpen ini belum bisa bikin gue bahagia juga. Akhirnya gue malah keasikan jadi pembaca dan lupa sampai sekarang buat nyelesein apa yang udah gue mulai.

Kebanyaakan cerita yang dapat pembaca banyak itu pasti yang rating nya 21+ banyak adegan ena-ena nya, kalau enggak yang semacam FANFICTION tokoh-tokoh KOrea gitu. Kayak yang ini, " Nothing on you " CEK DISINI ceritanya ya dongeng banget sih dan setiap part nya pasti ada adegan 21+. Kayak gitu udah dibaca 8 jutaan pembaca loh,

rata-rata yang rate nya 21+ pasti banyak lah pembacanya, gitu yang gue simpulin dari pergaulan di Watty. Sempet kepikiran buat bikin cerita serupa buat narik perhatian dulu, tapi gagal karena gue ya emang belum mau berusaha keras buat nyoba bikin cerita 21+ gituan sih. otak gue kemana-mana bawaanya kalo nulis begituan, soalnya kalau gue sih ya nulis cerita apapun gitu pasti sambil banyangin adengannya jadi lancar nulsinya. Nah ini kalau gue sambil bayangin adegan duhh maaaak,, nggak kuat gue. Belum waktunya, akhirnya gue kalem dulu ajalah

Selain cerita begituan, di Watty masih banyak kok cerita luar biasa. Cerita yang menarik, alur nya rapi, bahasanya bagus, nggak berlebihan kayak drama dan gaya penulisan yang sederhana. Dari dunia orange ini biasanya banyak yang akhirnya lahir jadi penulis buku fisik beneran.

Kayak kejadian kemaren malam gue datang ke toko buku gramedia Pandanaran Semarang, di depan banget ditaruh buku New Arival sama Best seller. Gue mampir di rak itu dan nemuin sebuah cover yang gue nggak asing lihatnya


Gue seketika pengen teriak pas lihat cover yang itu, ya allah Arsen ya Allah Arsen ada disitu ganteng banget pake kacamata hitam dengan seragamnya ya Allah!! 

The perfect Husband ini gue udah baca duluan serinya di Wattpad sampai habis dan greget banget pas tahu kalau bakal diterbitin. Ceritanya emang bagus sih, sebenernya sederhana kisah yang diangkat tapi uraian bahasanya bikin jatuh cinta. Tetang perjodohan juga, si Arsen yang seorang kapten pilot dinikahkan dengan Ayla seorang mahasiswa yang nggak lulus lulus. Dengan segala kesabaran dan kehebatan mas Arsen menghadapi mba Ayla akhirnya mereka berhasil jadi keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah. Boleh deh cek CEK DISINI masih ada di Watty walaupun beberapa part udah dihapus untuk keperluan penerbitan. Seri kedua dari cerita itu juga udah di tulis sama mba Indah Riyana authornya, judulnya THE PERFECT LOVE CEK DISINI.
Gue juga lagi baca itu tapi belum kelar. Ya ceritanya tentang kehidupan rumah tangga Arsen sama Ayla setelah mereka memiliki anak.

Cerita itu sempet bikin gue nggak bisa move on lama, bahkan sampe sekarang gue kadang kangen sosoknya mas Arsen dan karena mas Arsen ini bikin standart cowok pilihan gue makin tinggi. Bungkusan isi tahu macam gue ini jadi menghayal punya suami kayak mas Arsen yang seorang Pilot, makin lama aja status jomblo gue kalau nyarinya macam mas Arsen yee.

Setelah sedikit bisa move on dari mas Arsen, eh gue ketemu sama Mas ryan dan Mas Gio di ceritanya " Tied Series " milik mba Alma.

Yang ini ceritanya mas Giandra atau Gio, CEK DISINI

Kalau yang satu ini kisahnya mas Adrian atau Rian CEK DISINI

Dua Cerita diatas sebenernya ada benang merahnya, satu cerita satu penulis beda kisah. Lah apasih bikin bingung yee.. Ceritanya mas Rian diawal emang sedikit bosenin, pernikahan hasil perjodohan. Tapi kalau mau sedikit bersabar aja buat masuk ke bab 3 atau selanjutnya rasa-rasa manisnya mulai berasa. Sederhana kok ceritanya, nggak muluk muluk. Tapi penyampaian nya santai dan bikin enak dibaca. penyampaian karakternya juga kuat banget, duh Mas Rian sukses bikin cewek jomblo kayak gue makin lama jomblo karna nggak nemu-nemu sosok kayak dia.

Kalau Mas Gio duuh, gimana ya gambarin sosok ini. Dia itu cameo ( Pemain tamu kalo bahasa film nya ) sebenernya kalau di cerita " Tied the Knot " milik mas Rian. 
Di seri " Untied " ini gantian mas rian yang jadi cameo di ceritanya Mas Gio. Itu tadi yang gue bilang kenapa cerita ini ada benang merahnya, 

Coba cek baca deh kalau pas ada waktu, kalau menurut gue cerita yang gue rekomendasiin diatas termasuk cerita terbagus yang gue temuin di Watty dan sukses bikin gue nggak bisa move on sampe sekarang. Apalagi move on dari mas Rian dan Mas Gio. Duh ngeselinya dari dua cerita itu adalah bikin ekspektasi pasangan gue jauh lebih tinggi. Tahu apa profesi mereka berdua? Arsitek!!

Lupakan mengenai mas Arsen, Mas Gio dan Mas Rian kita balik lagi ke dunia sebenarnya...
udah ada banyak penulis yang lahir dari dunia orange itu, salah satu yang yang bikin gue sempet speecless ya ceritanya Mas Arsen yang udah nongkrong di toko buku kemaren. Soalnya gue beneran baca dulu cerita itu jadi kayak yang, ya gue udah kenal duluan Ayu ting-ting sebelum dia terkenal kakak sekarang dan pas ketemu dia udah terkenal gitu jadi canggung suasananya. 

kalau yang mas Rian belum sampai ke toko buku besar sih, penulisnya mutusin buat self publishing di Nulisbuku.com. Tapi bukan nggak mungkin suatu saat nanti tiba-tiba ketemu mas Rian di Rak new Arival nya Gramedia. Soalnya banyak editor yang nyari-nyari ceritanya dari dunia orange itu dan lihat pembaca terbanyaknya.

Sekarang, gue mau atur strategi lagi gimana caranya bisa jalan dari dunia orange sampai ke rak buku di toko buku.













Related Articles

3 komentar:

  1. di Wattpad memang banyak cerita yang lumayan bagus. Banyak juga yang ceritanya dibukukan jadi novel karena awalnya nulis cerbung di wattpad. aku nyoba nulis fiksi tapi ga shanggup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada nulis Fiksi lo mending fokus nulis skripsi dulu deh Ki, prihatin gue.. hehe

      Hapus
  2. Dari pada nulis Fiksi lo mending fokus nulis skripsi dulu deh Ki, prihatin gue.. hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts