In catatan isul Lifestyle

DIARY ELEKTRONIK

eyyaa, sekarang belajar ilmu sejarah dulu yuuk. tapi tenaaang,
 sejarah yang bakal gue tulis kali ini bukan tentang sejarah hidup gue yang rumit, atau sejarah kemerdekaan kita yang gue yakin geng gue disini udah pada tahu.

kali ini tentang sejarahnya BLOG. yaa kali kita udah pake blog dari tahun kapan tapi belum tahu juga awal munculnya blog. dan terus terang gue juga baru tahu setelah baca buku karangan Pepih Nugraha judulnya Citizen Journalis. Penulis merupakan seorang wartawan Kompas dan buku tersebut udah pasti diterbitkan oleh siapa tahu kan??
iyalah, Kompas. Dari kesimpulan sepihak gue sih buku itu sengaja dibikin dan terbitin buat promo Kompasiana karena sesuai tema dengan bukunya.

its okey gue nggak mau bahas tentang bukunya, mungkin lain waktu kalo udah selesai baca dan masih ada waktu. gue baru pinjem 2 jam yang lalu di perpus kampus dan tertarik dengan salah satu sub judul di dalamnya. kebetulan gue juga nemuin tentang bagaimana sejarah blog ini ada dan sampai sekarangyang turut andil dalam sejarah Citizen Journalism.

Kira-kira begini tulisan tentang awlmula blog.

kehadiran blog atau weblog adalah isyarat lahirnya sebuah kekuatan baru media. Blog awalnya lahir sebagai sebuah gaya hidup masyarakat urban yang melek internet. Kategori personal media di dunia maya selain blog adalah vidio blog ( Vlog ) foto blog ( photoblog  audio blog ( podcast ) sekarang yang lebih kekinian semacam BBM, Instagram, Path, Facebook dan sebutkan lah semua sosial media yang punya fungsi untuk informasi.

inilah realitas media internet lengkap dengan serbuan variannya, sampai metamorfosisi sebuah koran menjadi koran online. Pdahal blog mulanya diciptakan sebagai catatan harian elektronik. Sebelum blog lahir cikal bakalnya dar e-mail, mailing list, usenet, dan bulletin board system.

Justin Hall, pemuda kelahiran 16 Desember 1974 yang juga seorang wartawan freelance dianggap sebagai blogger pertama karena menulis catatan hariannya di internet tahun 1994. 
istilah weblog diperkenalkan Jorn Barger pada 17 Desember 1997, sementara kependekanya 'blog' diciptakan Peter Merholz dua tahun kemudian. Pemilik blog disebut blogger. Xanga, penyedia blog, yang diluncurkan tahun 1996 semula hanya memiliki 100 catatan harian pada tahun1997. Akan tetapi sampai Desember 2015 Xanga sudah meluncurkan 50 juta blog.

Tahun 1998 muncul open Diary dan setahun kemudian Brad Fitzpatrick meluncurkan LiveJournal. Masih di tahun yang sama muncul Pitas.com dan Diaryland juga Evan William dan Meg Maurihan yang meluncurkan Blogger.com yang kemudian dibeli google tahun 2003.

                                                                          ^^^

begitulah kira-kira rangkuman yang bisa gue tuliskan dalam buku Citizen Journalism karangan Pepih Nugraha. ( elaaah bahasa gue anteng banget di postigan kali ini. )



Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts