In catatan isul Lifestyle

GENDER dan KELAMIN




Ini tuh wilayah ambigu dan abu-abu. Sebelum-sebelumnya gue juga nggak paham banget tentang dua kata yang gue jadiin judul diatas.  Sebelum-sebellumnya gue juga  nggak tertarik amat buat nyari tahu gender dan kelamin itu, cuman sekarang sekarang ini gue lagi belajar komunikasi gender jadi pemahaman tentang kata itu harus gue cari. Ya karena ilmu gue kurang kali jadi ngasal aja kalo gender dan kelamin itu sama.

Ternyata salah nyoohh. Gender dan kelamin itu beda !!
Oke, mungkin masih banyak yang bingung juga apa seebenrnya gender itu? Kebanyakan pada beranggapan bahwa gender itu hanya sebatas pembedaan jenis kelamin manusia. Padahal sebenrnya salah. Mereka itu berbeda !!

Menurut buku yang pernah gue baca, Gender bukanlah sesuatu yang kita dapatkan semenjak lahir ( jenis kelamin  ) dan bukan juga sesuatu yang kita miliki ( gen, keturunan )melainkan sesuatu yang kita  lakukan dan sesuatu yang kita tampilkan. (pengertian tersebut gue dapat dari terjemahan buku West, Candace and Zimmerman, Don. 1987. “Doing Gender” )

Sedangkan kalo kelamin merupakan penggolongan biologis yang didasarkan pada sifat reproduksi potensial. Sekali lagi kelamin dan gender itu beda. Gampangnya kalo gender itu kata sifat dan kelamin itu kata benda. Paham?? Kalo tidak tanyakan di kolom komentar, nanti pasti gue jawab kalo udah dapat jawaban dari dosen gue. heheh

Jadi kalo loe punya temen cowok, tapi ngondek definisinya adalah jenis kelamin dia cowok tapi gender nya cewek.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts