In catatan isul Lifestyle

8 pekerjaan anak KOMUNIKASI

     
  Dulu jaman masih SMA, gue pengen banget kuliah di jurusan hukum yang nanti setelahnya pasti bakal jadi pengacara. menurut gue keren aja jadi pengacara, nggak tahu dimana letak ke-keren-an nnya, mungkin karena kerjanya membela orang? ( geleng2 sambil mikir. semacam pahlaawan gitu ngebela orang? kan yang dibela belum tentu bener, asal punya uang buat sewa jasa pengacaranya aja kan. oke skip alasan ini )
atau kerjaanya yang kelihatan intelek banget, pengecara. urusannya sama hukum-hukum negara. oh bukan, mungkin bagi gue keren nya jadi pengacara jaman dulu itu karena bisa ikut dalam persidangan yang menurut pandangan anak SMA jaman dulu itu hebat aja orang bisa jadi bagian dalam suatu persidangan. 

entahlah, gue sendiri nggak paham banget kenapa dulu pengen banget kuliah hukum dan jadi pengacara. kenyataanya setelah gue lulus dan bergelar Sarjana Hukum pun belum bisa dibilang pengecara kan, yah masih pemikiran cetek anak SMA jaman dulu yang belum pinter bergaul sama om google sih.

karena keinginan itu dulu setelah lulus SMA gue ikut ujian SNMPTN ( seleksi nasional masuk perguruan tinggi negri ) dulu itu namaya, sekarang nggak tahu udah diganti jadi apa. pokoknya ujian nasinal untuk masuk universitas negri, pilihan pertama yang gue ambil waktu itu di UNDIP ( universita Diponogoro ) dan pilihan ke duanya di UNNES ( Universitas Negri Semarang ) dengan jurusan pasti ilmu hukum.

ngak tahu emang gue bener pinter atau beruntung tapi kenyataanya gue lolos ujian seleksi nasional itu. masih ada sih surat keputusannya yang gue print dari situs buat daftar online untuk ikut SNMPTN, gue lupa situs nya apaan tapi dulu gue print buat bukti autentik bahwa gue pernah lolos ujian masuk PTN melalui SNMPTN. cuman itu ada di rumah posisinya, ini gue ngetik lagi pake fasilitas wifi kantor jadi nggak bisa kasih bukti dan upload disini.

 se alay itu kah gue? iya kayaknya, biar besok bisa dilihatin ke anak cucu gue kalau gue pernah ketrima di PTN idaman banyak orang Semarang ( alaaah ) walopun kuliahnya belum kesampean dan hanya nerima nasib kalo justru harus kuliah di perguruan swasta rintisan alumninya UNDIP. 
hahahaa, apaan deh kayak prestasi itu terlalu membanggakan aja mau dikasih lihat anak cucu segala. okey, emang gue se alay itu. hahaha

apa yaa, karena mungkin bagi gue untuk bisa lanjut kuliah pada saat itu sejak kepergian bapak gue kayak semacam mimpi aja. ketebak lah , gue bakal lulus SMA harus kerja karena biaya masuk kuliah saat itu dan saat ini sekarang dan besok mahal banget dan emak gue belum sesiap itu financial nya setelah bapak gue meninggal. gue masih ada adek yang masih sekolah juga. jadi hal semacam itu perlu gue simpen dokumentasinya. hahaa apaan lagi daah !!

yah walopun seneng karena diterima di PTN negri idaman itu cuman hal yang mengecewakan adalah karena emang saat itu uang nya nggak siap. gue ikut tes itu juga diem-diem dari keluarga, walopun tahu kemungkinan sangat kecil kalopun gue lolos seleksi dan bakal masuk kuliah karena pasti bakal ada daftar ualng yang sekali lagi pasti ngeluarin biaya yang nggak sedikit, tapi gue positif aja. tetep nyoba, itung-itung buat ngukur kepinteran ajalah. hahaha, udah alay banyak gaya songong lagi ya gue.


dan takdir emang sejahat itu sama gue waktu itu, hasil pemngumuman kelolosan itu berlalu begitu aja. gue sempet kecewa banget sampe yang nggak mau apa-apa lagi di rumah sempet marah sama keadaan marah sama emak gue yang nggak punya duit. tapi astaughfirulloh itu jangan pernah di tiru karena itu keliru. yang bener buakan kecewa bukan putus asa bukan marah apalagi nyalahin orang. udah diatur, kita tinggal nyari jalan dan jalani hal lainnya.

setelah memikirkan banyak hal secara matang  dan panjang ( alaaaah, ) gue bangkit lagi. gue kerja keras buat gimana caranya bisa kuliah pake uang sendiri. ya hasilnya kayak sekarang, nyari kerja sana sini buat biayain hidup dan kuliah. bukankah perempuan yang mandiri itu yang banyak di cari laki-laki? eyyaaaaa, jadiii yah beginilah gue berusaha mandiri biar banyak dicari para lelaki. alaahh apaan lagi ini coba hahaha

dan setelah gue punya duit sendiri buat kuliah, ngak ytahu kenapa keinginan gue buat kuliah hukum hilang seketika ngak bersisa. sama sekali nggak pengen ngambil ilmu hukum waktu itu, malah bingung mau kuliah apa pas udah punya duit gini. sempet mau ambil akademi perawat yang sekali lagi menurut pandangan bodoh gue keren aja jadi perawat. kerjanya di rumah sakit, bersih pakainya seragam putih-putih dan yang pasti deket sama dokter. hahah

entah jaman kapan dulu gue pernah banget punya cita-cita pengen punya suami dokter. tapi yaah pas udah sadar siapa gue kayak nggak mungkin aja nikah sama dokter ( tapi ini beda kalo yang ngomong takdir ya. nikah sama sehun exo aja bisa kejadian kalo emang takdir yang ngomong. cuman kok ya kampret aja angan-angan absurd itu. nikah sama Sehun exo. ppfffhhhh haha. yang bukan anak kpop pasti ngak tahu siapa Sehun maaf. ) 

cuman keinginan jadi perawat itu ditentang sama emak gue. alesannya simple, yah elu ngapain ngurusin orang padal belum tentu emak lu sendiri diurusin. yaaa kaaan, bener banget omongan emak gue.
akhirnya sempet mau ambil Psikologi. ngak ada alasan kusus kenapa pengen belajar ilmu psikologi, ngacak aja. cuman gue juga lupa kenapa akhirnya gue nggak ambil psikologi juga malah ambil jurusan yang sekarang.
ILMU KOMUNIKASI

yes, gue mahasiswa ilmu komunikasi. awalnya juga nggak ada alasan khusus sih kenapa pengen ambil komunikasi. cuman dulu sempet banget juga mau ambil broadcast yang menurut pandangan bodoh gue lagi keren aja kerja di TV. ngak ada aturan jam kerja office hour, ngak harus pakai celana kain sama kemeja kerjanya. ngak selalu di depan meja dan segala hal pekerjaan membosankan di office. 

udah sempet daftar di universitas swasta yang punya jurusan broadcast jempolan dan punya stasiun TV sendiri waktu itu, iya iya UDINUS. cuman disana nggak ada kelas sore yang ngak bisa gue sambil kerja paginya, jadi yah apa boleh buat. akhirnya sama abang diarahin buat yaudah sih ilmu komunkasi aja, lagian broadcast juga masi D3. kalo ilkom kan langsung S1. dan okey, gue ambil ilkom waktu itu padahal gue sendiri belum jelas-jelas banget ilkom ini nanti pelajarin tentang apa. 

Dan sekarang setelah tujuh semester gue belajar jadi mahasisa komunikasi, gue rasa ini gue banget!! hahah, nggak salah jurusan. di dunia ini apa sih yang bikin kita bahagia selain kita yang bisa belajar dan terjun langsung sama apa yang kita sukai. jadi lost aja jalaninnya karena ngak ada paksaan.
gue malah nggak kebayang dulu kalo bener-bener ambil ilmu hukum. kayaknya kuliah ngak bisa se happy di komunikasi. serius gitu, dan yah menurut gue ilmu hukum itu ilmu yang kaku. 

yah memang hidup itu sudah ada yang ngatur kan jadi yah nggak usah grusa grusu, mungkin waktu itu Tuhan mempersulit gue waktu masuk kuliah hukum karena tahu kalo hukum itu bukan gue banget makanya dibelok-belokin sampai ketemu komunikasi ini. tuhan baik banget kaann..

tapi yah selalu ada masalah dalam hidup ini kan. baik masalah yang ditimbulkan dari dalam ataupun luar diri kita. dan masalah yang harus gue hadapi sekarang ( selain masalah-masalah utang dan lain-lainya ) adalah tanggung jawab gue tentang ilmu yang udah gue tempuh 3 tahunan lebih ini. harus kemana gue larinya setalah gue tamat belajar ilmu komunikasi. udah keja sih, tapi kan alangkah baiknya jika kita bisa bekerja yang selaras dengan pendidikan yang sudah kita tempuh. aiisshh
ada kok ada jurusan pekerjaan yang bisa diambil dari hasil belajar komunikasi, cukup banyak dan dari banyak itu hal-hal yang gue sukai juga, diantaranya 
1. Broadcaster / Tenaga di dunia penyiaran
Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer dan lain – lain yang terlibat dalam dunia penyiaran, adalah salah satu prospek kerja yang paling empuk dari dunia Ilmu Komunikasi. dan itulah daftar utama yang  pengen banget gue kerjain, tapi yah harusnya udah gue mulai sejak gue masih kuliah biar setelah lulus kuliah udah ada referensi pengalaman kerja di bidang itu. cuamn yah kayaknya jauh aja buat gue bisa masuk ke bidang ini. buakn pesimis tapi sedikit realistis. really?
Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun surat kabar kepada masyarakat. Nah, dalam proses penyampaian pesan itulah lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya. Bidang kerja broadcasting  biasanya ditempatkan di stasiun televisi, radio, ataupun kantor – kantor surat kabar, tabloid maupun majalah. keren kan ya jadi orang media itu,

2. Jurnalis
Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi. Studinya yang mempelajari bagaimana mengemas suatu berita menjadi sebaik mungkin untuk dapat disebarkan ke masyarakat luas, merupakan salah satu bentuk bagaimana seseorang dapat menyampaikan pesan secara efektif melalui suatu media. Dalam dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari. Kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya, serta kemampuan menyampaikan dan memilih memilah mana berita yang layak untuk disebarkan dan mana yang tidak layak disebarkan, menjadi beberapa hal yang bisa diperoleh dari mempelajari jurnalistik. Jurnalistik memang ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun, tidak harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik ini. Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news anchor (penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi, radio ataupun surat kabar cetak.
 sekali lagi berhubungan dengan media itu menyenangkan, tapi kkerja disana sekarang kalo ngak ada channel masuknya susah. dan gue bukan anak gaul yang punya banyak channel dimana-mana. 

3. Announcer dan presenter
Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang announcer atau penyiar radio, hingga menjadi seorang presenter di televisi, baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip, dan lain – lain. Lulusan Ilmu Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi penyiar atau presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi.
 ini juga belum pernah gue coba, palingan presenter acara kampus yang cuman didatengin orang-orang sejurusan aja. belum cukup kan buat bisa jadin referensi pengalan kerja di bidang itu.

4. Master of Ceremony (MC)
Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur – unsure komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara otodidak, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian menjadi MC yang dipelajari dalam studinya.

5. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat
Mewakili perusahaan dalam setiap waktu, menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis pada seluruh klien perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang Public Relations atau humas. Ya, profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang Public Relations harus selalu memutar otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik. Menantang, bukan?
6. Event Organizer
Merancang perhelatan event yang besar, mengemas sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang ingin disampaikan, hingga mengatur acar sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang baik, adalah beberapa wujud tujuan dari strategi seorang event organizer. Melalui sebuah event, sebuah tim event organizer diharapkan mampu menyampaikan sebuah pesan atau makna tertentu dan mewujudkan good reputation dari si penyelenggara. Disitulah tantangannya. Menjadi event organizer ini sangat asyik, lho. Seperti bekerja sambil bermain. Penghasilannya pun bisa terbilang cukup fantastis. Tertarik?
 
7. Praktisi periklanan / Advertising 
Iklan! Ya, terdengar sepele, namun mempengaruhi kita, kan? Salah satu dalang dan tangan – tangan kreatif di balik berbagai iklan yang bertebaran di berbagai media ini adalah lulusan Ilmu Komunikasi, lho. Mereka berusaha mempengaruhi publik dengan pesan – pesan produk barang ataupun jasa yang ingin disampaikan, melalui pesan dan media yang unik serta kreatif agar siapapun yang melihatnya tergugah untuk membeli, menggunakan ataupun mempercayainya. Proses penyampaian pesan yang menarik, kan! Dalam iklan, semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, camera person, media planner, dan lain – lain.
8. Marketing Communications  
Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi orang yang duduk manis di kantor, menyusun dan merancang strategi – strategi komunikasi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Ya, menjadi marketing communications tidak semata – mata mengedepankan unsure pemasaran dari ilmu bisnis saja. Lulusan Ilmu Komunikasi diharapkan dapat mejadikan pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang tepat dilihat dari segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan mau seperti apa tujuan yang diharapkan. Hal ini tentu menantang bagi siapapun yang menjalaninya.

nah dari ke delapan profesi yang bisa diambil anak komunikasi itu, saat ini gue belum yakin mau ambil yang mana. tapi harus ada yang nyantol satu. iyakan, kalopun yah jelek-jeleknya nggak ada yang nyantol juga nih percaya aja Tuhan udah siapin hal indah lainnya yang lebih gue butuhin bukan gue pengenin.
begitu kan..
 




Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts