In catatan isul

KEKUATAN MENTAL


Foto dari Google
                                          
Menurut gue….
Hidup di dunia itu  bicara tentang kekuatan. Sudah jadi hukum alam dimana yang kuat dialah yang tetap bertahan. Alam akan  menyeleksi sediri siapa yang pantas dan tidak untuk jadi pemenang.
Kekuatan  bisa jadi alat untuk menekan, penekanan yang dilakukan oleh ‘si kuat’ kepada ‘si  lemah’.
Kekuatan kecil pada akhirnya akan tunduk pada kekuatan besar.
Ini jelas terjadi di sekitaran kita, atau bahkan memang pernah mengalamai ketidak adilan hidup macam itu??

Menurut gue…
Bicara tentang kehidupan, maka kita juga akan bicara tentang mental. Setiap orang pasti memiliki mental, entah mental macam apa itu termasuk mental tempe. Right??

Pengelolaan mental kita sangat berpengaruh bagaimana kita bisa menghadapi tantangan yang ada dalam hidup kita. Hidup tanpa tantangan udah dipastikan nggak mungkin. Right?

Intinya, mereka yang memiliki mental kuat berati mereka dekat dengan kemenangan. Oke, nggak selalu seperti itu memang, tapi analoginya bisa masuk kan?

Nah oke, jika kita kaitkan paragraph diatas ( duuh, kayak guru gini bahasa gue )
HIDUP ITU TENTANG BAGAIMANA KEKUATAN MENTAL KITA MENGHADAPI SELEKSI ALAM.

dari beberapa sumber yang random gue baca, 
Beberapa hal yang mampu menyerang mental adalah : stress, depresi, frustasi, kehilangan, kegagalan, pengkhianatan, pembunuhan karakter, fitnah, gosip, isu, kabar burung, penilaian negative, judgement, stereotype, sebutan atau julukan. 

laluu.....
Langkah- langkah apa yang dapat kita lakukan untuk memperkuat benteng pertahanan diri?

yang pertama Support system yaitu mencari dukungan dari orang - orang terdekat, sahabat, teman atau siapapun yang menurut kita mampu memberikan dukungan terhadap kita termasuk tetangga ( maybe ).

Avoidance dan exit strategi, menghindar atau strategi keluar atau memutuskan kontak dengan stressor ( pembuat stres ). Manusia bisa menjadi pemicu munculnya stressor bagi manusia lain misal nih mantan pacar ( ehem ), mantan nya pacar, atau pacarnya mantan. nah loh..

dan yang terpenting menurut gue adalah 
Pendekatan spiritual, spiritual adalah sebuah inner journey seorang manusia untuk menemukan jawaban atas pertanyaan "who am i, who is god, when a people die, apa tujuan hidup, apakah keyakinan saya selama ini salah atau benar, apakah kebahagiaan itu. Menjawab pertanyaan - pertanyaan seperti ini membutuhkan sebuah mental yang kuat agar tidak keluar rel.

Mengekspresikan perasaan gue rasa juga perlu biar nggak kependem di hati terus kemudian meledak. jika kita mampu mengekspresikan perasaan dengan baik maka kita juga bisa mengendalikan emosi kita dengan baik.
mengekspresikan perasaan dengan menulis sesuatu di blog mungkin ( ehemm ), atau apapun kegiataan yang sesui dengan passion kadang memberikan kekuatan baru juga.
oke, abaikan semua omong kosong gue diatas. hidup nggak segampang ngebaca kalimat motivasi kan? gue paham, kadang gue pun berpikir kayak gitu. tapi seenggaknya sedikit pun kadang kalimat itu ngebantu nguatin kita. gue sih gitu berasanya..
ketika kita baca kalimat-kalimat motivasi semacam itu bisa mensugesti pikiran kita tentang apa yang kita baca, jadi muncul semangat dan kekuatan baru lagi dalam diri kita. jadi nggak ada salahnya ketika kita sudah berasa lemah karena lelah dengan keadaan dan nggak ada yang bisa kita ajak bicara, coba baca-baca kalimat bijak aja. walaupun terdengar berlebiham, tapi akan ada waktu diamana kamu akan manggut-manggut meng-iya-kan kalimat itu.
syukur bisa mengaplikasikannya langsung.
kembali tentang kekuatan mental tadi, gue tipikal orang yang  nggak kuat-kuat amat mentalnya. yah gimana ya, menurut gue mental itu kayak iman sih. naik turun tergantung situasi. biasanya mental kita teruji ketika ada tantangan. dan gue tipikal yang nggak terlalu suka tantangan, jadi ya lempeng aja. 
itu dulu,....

sekarang, kudu berubah. 

harus! karena orang yang memiliki mental kuat adalah orang yang dekat dengan keberhasilan dan kemenangan. nggak boleh cengeng dan terlihat lemah. 
masalah yang datang ngantri tiap hari juga menjadikan kita orang yang semakin kuat nyoh, jadi jangan dikit-dikit ngeluh kalo pas ada masalah. inget bahwa setiap orang di bumi ini memiliki masalah semdiri-sendiri jadi jangan sok-sok an ngumbar masalah di media sosial seolah-olah elu donag yang masalahnya paling berat. sumpah itu nggak elegan banget. 

yang gue tahu Tuhan nyiptain masalah komplet dengan solusinya kok, jdi tiap kali ada masalah berusahalah tenang dan berusaha mencari solusi terbaiknya. ketika kita bisa melewati masalah itu dengan baik, maka level mental kita naik satu peringkat.

gue ngrasain itu belakangan ini, geu set pikiran gue ( mindset ) bahwa bagaimanapun juga hidup itu nggak mulus kayak jalan tol, bahkan jalan tol aja nggak selalu mulus kan. jadi persiapkan diri menghadapi semua kemungkinan terburuk sekalipun dalam hidup, jika menemui kesulitan percayalah bahwa mental kita sedang diuji oleh yang maha Kuasa. 

tetap percaya bahwa kekuatan kita ada dalam diri kita sendiri. keluarga, sahabat dan yang lainnya hanya sebatas support sistem.
note untuk diri sendiri:
gue nulis semacam ini juga bentuk menguatkan diri. 





Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts