In catatan isul Jalanjalan

PANTAI NGLAMBOR - GUNUNG KIDUL


            
            
         Ini cerintanya sok-sok mau berbagi cerita perjalanan ala-ala my trip my adventure gitu nebeng beken. Tapi yah tetep jauh dari kata mirip sama acara MTMA yang lagi nge HITS itu sih, ini perjalanan ala kadarnya yang siapa tahu bisa dijadiin referensi tujuan pas jalan ke daerah Gunnung Kidul Jogjakarta. Di wilayah Gunung Kidul Jogjakarta ada banyak banget pantai-pantai yang bisa dijadiin tujuan wisata saat berada disana, salah banyak yang masih gue inget ada pantai Kukup, pantai Krakal, pantai Drini, Pantai Mbaron, Pantai Sadranan, Pantai Gepok Tunggal, pantai Siung,  dan dari sekian banyak pantai yang barusan gue sebutin tadi  paling terkenal disana adalah pantai Indrayanti. Jadi kata orang sana kalo ke Gunung Kidul nggak ke Indrayanti ya berati belum ke Gunung Kidul. Hemm berati Indrayanti jadi trend mark nya sana ya nyoo. Tapi posting ini bukan mau eksplore pantai itu sih karena gue yakin bagi kalian yang tinggal deket-deket Jawa bagian Tengah ini udah banyak yang kesana dan yah jujur pantainya gitu-gitu aja nggak terlalu yang bikin Uwoww gitu.

Postingan kali ini mau bagi info dan kasih liat aja ada pantai yang masih baru ditemuin di wilayah Gunung Kidul yang bisa buat Snorklingan. Namanya pantai NGLAMBOR>>

Eemmm ini sebenernya kayak nanggung juga sih mau posting, soalnya gue nggak punya banyak foto yang bisa gue tunjukin gimana kondisi Pantai Nglambor secara detail. Nggak kepikiran juga kalau bakal di pos di blog jadi sengaja nggak ngumpulin banyak foto, cuman ya foto ala kadarnya buat selfie-selfie an aja sih. Tapi lumayan lah buat nunjukin seperti apa pantai Nglambor itu sediri.. lets see..

Pantai Nglambor ini terletak di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Gunung Kidul berjarak kurang lebih 70 km dari kota Yogyakarta. Perjalanan dari gapura kabupaten Gunung Kidul menuju pantai ini kurang lebih 2-3 jam an lah tergantung dari kondisi jalanan saat itu. Kalau kesana pas weekday jalanan agak lenggang dan mungkin bisa ditempuh hanya dengan 2 jam perjalanan. Jangan takut tersesat disana, petunjuk jalan tertancap dimana-mana, kalau masih nggak yakin bisa nanya sama warga sekitar.
Sejak di buka bulan Maret lalu, pantai Nglambor udah sangat terkenal rupanya. Terbukti dengan para pengunjung yang ramai disana bahkan banyak pengunjung dari luar kota seperti Jakarta dan juga Bali.

sayangnya cuman gambar ini yang ada dikamera gua untuk nunjukin seberapa ramai pantai itu. Padahal kenyataannya lebih ramai dari ramainya antrian pembagian sembako murah saat ramadhan

Gua dan rombongan yang hanya berempat yaitu abang gue, ceweknya sama temen abang gue cowok dan gue sendiri sampai di sana jam 08.00 pagi. Masih kepagian banget soalnya perjalanan dari tempat gue tinggal Semarang sengaja dari malam hari dan sempet mampir di pantai Kukup dulu. Sampainya di parkiran pun baru ada satu mobil yang terparkir disana, baru kita dateng nambah jadi dua. Akses jalan masuk ke pantainya sendiri nggak bisa dilalui pake mobil, harus ditinggal di parkiran yang jaraknya hampir 1 km dari pantainya. Untuk masuk sampai dipantainya kita bisa milih mau jalan kaki sepanjang 1 km apa naik ojek yang udah ready mangkal disana. Karena cukup jauh dan menghindari lelah berlebihan akhirnya kita mutusin buat naik ojek. Biaya ojeknya cuman 5000 per orang. Begitu tau jalan menuju pantainya ternyata separah itu, sepanjang perjalan gue cuman dzikir nyoo. Gila, jalannya masih batu-batuan terjal yang cuman dipupuk tanah liat di sudut kanan-kiri jalan, seremnya lagi kanan-kiri jalan itu jurang nyooh. Akses masuknya masih buruk banget.
Tapi Setelah kurang lebih 15 menit menyusuri jalan liku berlubang terjal bebatuan dihimpit jurang (okey yang ini lebay ) akhirnya sampai juga di pantai Nglambor yang mulai tersohor. Terbayar sudah ketakutan sepanjang perjalanan masuk menuju pantainya, indah…

Abaikan figuran cowok yang sedang berdiri pamer kantong plastik minimarket itu, niatnya biar dapat endors an dari minimarket yang bersangkutan.ini pantai Nglambor nampak dari atas..


Karena sampai sana masih sangat pagi dan masih sepi, akhirnya kita memutuskan untuk beristirahat sejenak di warung sekalian untuk sarapan. Sambil sarapan mie instan, kita bisa sambil menikmati pemandangan laut yang diapit oleh pantai Siung dan pantai Jogan yang luar biasa indahnya. Ombaknya masih tinggi sih, tapi kata pemilik warung nanti kalo udah siangan biasanya ombaknya mulai tenang. Yah karakteristik laut di deretan pantai selatan emang gede-gede kan ya ombaknya, jadi ya bisa bayangin aja ombak tenang untuk ukuran pesisir pantai selatan. Biar begitu masih tetep penasaran aja seperti apa di dalam air sana.
Setelah selesai sarapan sambil ngobrol-ngobrol dengan pemilik warung, pukul 09.00 kita turun untuk daftar sewa peralatan snorkling. Biaya sewa per orang cuman 35.000, masih murah banget ye nyoo. Cuman ya kita harus nunggu sampai jam 11.00 an sampai air lautnya sedikit surut sama ombaknya tenangan dikit. Yaudah sambil nggu jam 11.00 kita jalan-jalan sekitar pantai.

                                          Numpang eksis sama tenda sebelah..

Setelah muter-muter sekitar pantai, akhirnya kita turun dan mulai menyelam setelah melalui penantian cukup panjang. Kita masih antri dll. sampai akhirnya kita bisa nyelam pukul 12.00. itupun ombaknya masih galak-galak gitu nyoh, tapi tetep juga semangat buat nyelem.


Airnya masih jernih, karangnya nggak terlalu banyak tapi masih terawat dan terlindungi. Ikannya masih malu-malu nampak, mungkin kalau bisa sampai ke tengah-tengah bakal nemuin banyak ikan. Tapi ombaknya bikin ngeri nyooh, jadi nggak berani ke tengah-tengah.


Karena ombaknya agak galak-galak jadi nggak terlalu nyaman sebenrnya buat nyelem. Jadi bikin capek karena lebih banyak diombang-ambingin ombak ketimbang nyelem didalem. Nggak ada satu jam akhirnya kita udahan buat naik lagi keatas.

Dan akhirnya sebelum meninggalkan pantai Nglambor yang amaz kita berselfie bersama yang terakhir kalinya..

Terimakasih pantai Nglambor, terimakasih Gunung Kidul atas perjalanan singkatnya menghilangkan stress sementara dari tekanan kerjaan dan tugas kuliah serta tekanan batin lainnya.
Buat kalian yang penasaran dan pengen snorklingan yang paling deket ya ke Nglambor aja. Nggak mahal kok, yuk kesanaa…

Related Articles

1 komentar:

  1. bisa juga di <a href='http://podjokjogja.com/Pantai-Sadranan-Gunungkidul/" title="KLIK">Pantai Sadranan</a> Coy selain pantai Nglambor........

    Iwan Transport Jogja <a href="http://iwantransport.com/" title="KLIK">Rental Mobil</a> dengan layanan <a href="http://rentalmobilyogya.net/" title="KLIK">antar jemput</a> atau <a href="http://rentalmobillepaskunci.com/" title="KLIK">Rental Lepas Kunci</a> juga menyediakan <a href="http://sewabuswisatajogja.com/" title="KLIK">Bus Wisata Murah</a> untuk <a href="http://podjokjogja.com/" title="KLIK">berwisata di Jogja</a>
    Sewa Mobil Jogja <a href="http://iwantransport.com/" title="KLIK">www.iwantransport.com</a>
    Rental Mobil Matic <a href="http://rentalmobilyogya.net/" title="KLIK">www.rentalmobilyogya.net</a>
    Rental Mobil Lepas Kunci <a href="http://rentalmobillepaskunci.com/" title="KLIK">www.rentalmobillepaskunci.com</a>
    Sewa Bus Wisata Jogja <a href="http://sewabuswisatajogja.com/" title="KLIK">www.sewabuswisatajogja.com</a>
    Media Pendukung Wisata Jogja <a href="http://podjokjogja.com/" title="KLIK">www.podjokjogja.com</a>

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts