In

MENGEMBANGKAN DIRI DENGAN HOBY



Topic     : minat khalayak (hoby)
Judul     : mengembangkan diri dengan hoby
Tujuan : entertain
Tujuan khusus  : pendengar dapat menikmati cerita dan pengalaman pembicara yang diharapkan dapat menginspirasi mengenai hoby yang layak jadi profesi.

MENGEMBANGKAN DIRI DENGAN HOBY
Banyak diantara kita yang tidak menyadari jika hobi atau passion dalam diri seseorang ternyata bisa mendatangkan tambahan penghasilan. Padahal, bisa dikatakan hampir semua hobi bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bila kita jeli dan tekun dalam mengembangkan hobi tersebut. Bagi teman-teman yang saat ini merasa masih belum berkembang dan masih disini sini saja
Pertama, cari tahu apa hobi Anda. Sampai hari ini, tak sedikit orang yang masih kebingungan ketika mendapat pertanyaan mengenai apa hobi yang mereka miliki. karena pada dasarnya saya suka melihat dan mengnalisa gambar akhirnya saya mulia menekuni dunia fotografi dan berniat menjadikanya sebagai hoby. pada tahap ini saya belum berfikir bahwa ini akan saya jadikan sebagai profesi, hanya sebatas hoby.
Kedua, pilih hobi yang menjual dan disukai banyak orang. Semakin banyak orang yang menyukai hobi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa Anda bidik untuk mendatangkan tambahan penghasilan. setelah cukup lama saya belajar fotografer dan mulai melihat pelung disini denan begitu banyak peminat akhirnya saya putuskan untuk serius menekuni ini.
Ketiga, kenali pasar Anda. Dengan bekal hobi yang Anda geluti, tentunya membuat Anda paham betul mengenai apa yang disukai dan tidak disukai calon konsumen. Ikuti terus perkembangan hobi yang Anda geluti, dan pahami pula beberapa trend yang sedang digandrungi para pehobi.
Keempat, jaring komunitas untuk memperlancar jalannya usaha. Ketika menekuni bisnis sampingan dari hobi, ada baiknya bila Anda menggandeng komunitas hobi yang Anda ikuti untuk memperlancar kesuksesan usaha.
Kelima, jeli dalam melihat persaingan. Meskipun Anda memiliki kedekatan antar sesama pehobi, namun jangan lengah dengan persaingan yang ada di sekitar Anda

pengalaman saya sendiri berawaldari biasa foto2 dengan teman yang punya kamera SLR. aneh, kenapa dikamera saya bisa begitu bagus, akhirnya saya belajar sedikit buat bagaimana cara mengambil gambar dengan settingan tertentu supaya dapat menghasilkan gambar yang bagus. entah rejeki atau apa, tidak lama setelah itu saya dibelikan kamera NIKON 3100 oleh ibu dan sejak saat itu saya serius belajar fotografi. jadi ,mulai punya hoby baru yauitu fotografi. tidak lama belajar, saya bebrapa kali diajak teman buat bantuin kerjaan dia sebagai tukang foto nikah :D 
setelah bebrapa kali diajak itu saya jadi punya pengalaman dan banyakteman, bahkan bebrapa ikut komunitas fotografer. projek pertama saya dengan dibantu abang saya adalah prewed sodara saya sendiri. mungkin dia suka dengan hasil saya, setelahnya saya dan abang saya diminta buat garapacara wedding mereka sampai terakihir kita dipercayai buat garap foto pragnan. selang antara prewed, weding sampai pragnan saya dan abang saya sudah mulai dapat beberapa tawaran untk motret sana sini. soal honor tidak seberapa karena secara nama dan pengalaman memang kita belum besar, tapi cukuplumayan untuk nambah uang jajan dan sekali lagi bisa buat belajar dan nambahpengalaman. sekali lagi ini karena apa? hobyy!

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Popular Posts